Rabu 20 Dec 2023 05:11 WIB

Pesan Nabi Muhammad Agar Tidur Miring ke Kanan Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Posisi tidur memiliki dampak terhadap kesehatan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Pria tidur. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Pria tidur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hadits yang diriwayatkan dari Al Barra bin Azib memberikan tuntunan kepada umat Muslim tentang apa saja adab tidur. Salah satunya ialah dengan membaringkan tubuh ke kanan.

Berikut ini bunyi hadits lengkapnya:

Baca Juga

قَالَ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وَضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ وَقُلْ اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَهْبَةً وَرَغْبَةً إِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ فَإِنْ مُتَّ مُتَّ عَلَى الْفِطْرَةِ فَاجْعَلْهُنَّ آخِرَ مَا تَقُولُ

Al-Barra bin Azib berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda kepadanya:

"Jika ingin hendak tidur, maka berwudhulah dengan wudhu sholat, kemudian berbaringlah dengan menyamping ke kanan, lalu bacalah: 'Allahumma aslamtu wajhî ilaika, wa fawwadhtu amri ilaika, wa alja' tu dzohrî ilaika rohbatan wa roghbatan ilaika, là malja`a wala manja minka illâ ilaika, âmantu bikitâbika alladzi anzalta wa binabiyyika alladzî arsalta (Ya Allah, kuserahkan wajahmu kepada-Mu, dan kuserahkan urusanku kepada-Mu, ku-rebahkan punggungku kepada-Mu dengan penuh kecintaan dan ketakutan kepada-Mu. Tak ada tempat berlindung dan keselamatan dari-Mu kecuali Engkau. Aku beriman kepada kitab-Mu yang Kau turunkan dan kepada nabi-Mu yang Kau utus). Apabila kau mati pada malammu itu, niscaya kau tetap dalam keadaan fitrah. Jadikan semua doa itu adalah akhir dari apa yang kau ucapkan." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dijelaskan dalam Sains dalam Al-Qur'an: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah karya Nadiah Thayyarah, bahwa menurut Zhafir al-Aththar, saat seseorang tidur telungkup, beberapa saat kemudian ia akan merasa sesak napas karena dadanya sulit berkontraksi saat bernapas. Posisi telungkup juga dapat menyebabkan pembengkokan tulang belakang leher. Selain itu, posisi ini juga dapat meletihkan jantung dan otak.

Seorang peneliti Australia menemukan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement