Senin 18 Dec 2023 22:27 WIB

Saad Judallah, Sosok Mujahidah yang Abdikan Hidupnya untuk Palestina

Saad Judallah dikenal sebagai pensuplai logistik

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Palestina. Ilustrasi Saad Judallah dikenal sebagai pensuplai logistik
Foto:

Ahmad yang merupakan anak kesayangan Saad itu senantiasa berbicara kepada ibunya bahwa hidup hanyalah sementara. Oleh karena itu Saad merestui permintaan Ahmad yang hendak bergabung sebagai pejuang Palestina.

Tanpa berpikir panjang, Saad justru berkata kepada Ahmad saat memberikan izin, “Aku telah memasrahkanmu kepada Allah.” Sa’ad juga berkata kepada anaknya untuk jangan mati dalam keadaan tidak terhormat.

“Aku tak ingin mendengar kematianmu di tengah-tengah maut atau tembakan yang sepele. Aku ingin mendengar engkau mati di saat berjuang menghadapi penjajah,” kata Saad kepada Ahmad.

Perkataan ibunya itu memberikan semangat bagi Ahmad. Dalam kiprahnya, Ahmad dikenal sebagai pejuang yang berani. Dia berhasil membunuh dua orang Zionis di dalam Gedung Alul dan Abu Shalihah yang berada di tengah Kota Nablas pada 30 September 2002.

Di samping membunuh dua orang tentara Zionis tersebut, Ahmad juga membunuh orang-orang yang membantu kerja orang-orang Zionis. Dia tercatat pernah membunuh puluhan tentara Zionis lainnya.

Setelah kematian Ahmad, Sa’ad berkata, “Ahmad sekarang dalam keadaan bahagia sekali di akhirat, sehingga ia tak sempat mengunjungiku dalam mimpi.”. Setelah sekitar tiga bulan lamanya wafatnya Ahmad, Saad bersama satu orang anaknya yang bernama Abdullah berjuang kembali di medan perang.

Saad gugur saat berusaha ingin mengetahui kekuatan penjajah yang sedang berada di pintu masuk Kota Nablas bagian barat. Saat itu sekelompok penjajah melepaskan tembakan ke arah mereka. Sa’ad gugur dalam peristiwa itu, sedangkan anaknya terluka dan tertangkap oleh penjajah.

Syekh Mahir Al-Kharas selalu mengenang jasa Saad. Baginya kepahlawanan dan berbagai macam pengorbanan dari Saad begitu tulus bagi Tanah Air rakyat Palestina. 

Baca juga: Di Tempat Inilah Kelak Nabi Isa akan Kembali Turun di Bumi dan Pesan Rasulullah SAW

Rakyat Palestina menjuluki wanita mulia itu dengan sebutan Bintang Kejora Palestina. Saad bahkan dijuluki sebagai titisan para pejuang sahabat Nabi dari kalangan wanita semisal Nasibah binti Ka’ab Al-Mazniah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement