Senin 18 Dec 2023 14:26 WIB

Saat Malaikat Jibril Turun Tangan Atasi Penyebar Rumor Rasulullah SAW Gila 

Rasulullah SAW diserang dengan rumor dukun dan gila

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Nabi Muhammad (ilustrasi). Rasulullah SAW diserang dengan rumor dukun dan gila
Foto: Dok Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi). Rasulullah SAW diserang dengan rumor dukun dan gila

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rasulullah SAW merupakan insan kamil yang diturunkan Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak manusia. 

Namun, saat awal perkembangan Islam, sebagian orang Musryik menganggap Rasulullah SAW gila. Bahkan, belasan orang-orang diutus ke jalanan untuk menyebarkan hoaks tersebut.

Baca Juga

Sebagaimana dinukil dari buku “Kebijaksanaan Orang-Orang Gila” karya Abu Al-Qasim An-Naisaburi, Abu al-Qasim al-Hakim berkata: 

“Orang yang mengenal dirinya dianggap hina oleh umat manusia. Orang yang mengenal Tuhannya dianggap gila oleh manusia. Sebagaimana orang-orang musyrik Makkah ketika diajak Rasulullah SAW untuk beriman kepada Allah SWT, mereka menyebut Rasulullah SAW orang gila, penyihir, penyair dan dukun.”

Ketika musim haji tiba, kepala klan Bani Makhzum dari suku Quraisy Al-Walid bin al-Mughirah al-Makhzumi juga pernah memerintah kaumnya untuk menyebarkan hoaks yang menuduh Rasulullah SAW sebagai orang gila.

Tokoh Quraisy itu berkata, “Wahai kaum Quraisy, sesungguhnya Muhammad adalah orang yang berutur kata manis. Perkara yang dibawanya (Islam) telah menggoncang negeri ini dan meliputinya. Sungguh, aku yakin orang-orang akan mempercayainya.

Karena itu, utuslah sekelompok orang yang pandai dan ahli berargumentasi ke jalan-jalan di Makkah selama satu malam atau dua malam untuk menemui orang-orang.

Baca juga: Baca Dzikir Ini Hadapi Cobaan dan Fitnah Berat, Diajarkan Rasulullah SAW dan Para Nabi

Lalu, apabila ada orang yang bertanya tentang Muhammad, hendaklah sebagian dari kelompok orang pandai itu menjawab bahwa Muhammad adalah orang gila, sebagian yang lain menjawab dia dukun dan sebagian yang lain menyebutnya penyair. Juga katakanlah, lebih baik kalian tidak menemui Muhammad.”

Maka kaum Quraisy...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement