Jumat 15 Dec 2023 21:15 WIB

Bukan Yahudi atau Arab, Ini Penekanan Rasulullah SAW Soal Siapa Unggul

Keunggulan bukan terletak pada ras tap ketakwaan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Padang Arafah. Keunggulan bukan terletak pada ras tap ketakwaan
Foto: Antara
Ilustrasi Padang Arafah. Keunggulan bukan terletak pada ras tap ketakwaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ajaran Islam merupakan ajaran yang tidak menekankan keunggulan suatu ras atau bangsa apapun, termasuk Arab apalagi kaum Yahudi. 

Risalah Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW merupakan risalah yang berlaku bagi seluruh umat di dunia. Begitu Islam datang, Nabi menyampaikan risalah Allah SWT dengan mengabarkan kepada umat manusia bahwa di sisi Allah hanyalah ketakwaan seseorang yang dinilai.

Baca Juga

Maka, salah satu misi dakwah Nabi adalh misi egaliter, persamaan, serta menyebarkan rahmat bagi semesta (rahmatan lil alamin). 

Dalam buku Ali bin Abi Thalib karya Ali Audah dijelaskan, risalah Islam tidak terbatas hanya pada sesama keturunan Bani Hasyim, bahkan dengan sesama Arab maupun kaum Yahudi saja pun tidak. Dalam khutbah di Haji Wada, Rasulullah SAW berpesan bahwa tak ada kelebihan orang Arab dari orang ajam (bukan Arab). Rasulullah SAW bersabda:  

 يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَلَا إِنَّ رَبَّكُمْ وَاحِدٌ وَإِنَّ أَبَاكُمْ وَاحِدٌ أَلَا لَا فَضْلَ لِعَرَبِيٍّ عَلَى أَعْجَمِيٍّ وَلَا لِعَجَمِيٍّ عَلَى عَرَبِيٍّ وَلَا لِأَحْمَرَ عَلَى أَسْوَدَ وَلَا أَسْوَدَ عَلَى أَحْمَرَ إِلَّا بِالتَّقْوَى 

Yang artinya, "Tak ada kelebihan orang Arab dari yang bukan Arab (ajam), yang bukan Arab dari orang Arab, yang berkulit merah dari yang berkulit hitam, dan yang berkulit hitam dari yang berkulit merah, selain dari ketakwaannya." Hal ini juga ditekankan melalui firman Allah SWT dalam Alquran Surat Al-Furqan ayat 54: 

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ مِنَ الْمَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَصِهْرًا وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيرًا

Yang artinya, "Dialah Yang menciptakan manusia dari air, lalu (Allah) jadikan manusia berkerabat dan bersanak saudara. Dan Tuhanmu Mahakuasa."

Baca juga: Tiba-Tiba Terbangun Tengah Malam dan Ingin Meneruskan Tidur, Baca Doa Rasulullah SAW Ini

Karena menekankan pada ajaran persamaan dan tidak membeda-bedakan ras seseorang, bukan berarti seseorang boleh meremehkan ras tertentu. Terlebih meremehkan, mencaci, atau menghina keturunan Nabi Muhammad SAW yang berasal dari bangsa Arab.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement