Jumat 15 Dec 2023 14:56 WIB

Kisah Nabi Muhammad SAW dan Seorang Anak Yahudi

Anak laki-laki itu biasa membawakan air wudhu bagi Nabi Muhammad SAW.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Nabi Muhammad SAW sedang menjenguk orang sakit yang sangat disayanginya. Dia mengunjungi seorang anak laki-laki Yahudi yang telah bekerja untuknya sebagai pelayan pribadinya. Anak laki-laki itu biasa membawakan air wudhu bagi Nabi Muhammad SAW, mengambilkan sandal, dan menjalankan tugas untuknya.

Pada hari ini, Nabi Muhammad SAW merasa terganggu dengan ketidakhadiran anak laki-laki tersebut, jadi dia pergi ke rumahnya untuk mengunjunginya saat dia sakit dan menanyakan kabarnya.

Baca Juga

Rasulullah SAW masuk ke dalam dan duduk di dekat kepala anak laki-laki itu. Ayah anak laki-laki itu duduk di hadapannya. Nabi Muhammad SAW memandang anak laki-laki itu dengan penuh kasih sayang, sedih melihat dia hampir meninggal di usia yang begitu muda.

Nabi Muhammad SAW kemudian memanggil anak laki-laki itu untuk mempertimbangkan apa yang paling dia butuhkan saat ini. Agama yang dengannya dia akan bertemu Tuhannya. Dia berkata:

"Terima Islam. Nyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan akulah (Nabi Muhammad) utusan-Nya."

Anak laki-laki itu menerimanya. Ia pernah menjadi hamba Nabi Muhammad SAW, dan selama itu pula ia mengenal akhlak, budi pekerti, dan perangai Nabi Muhammad SAW.

Anak laki-laki itu telah mengenali pada diri Nabi SAW sifat-sifat seorang utusan Allah. Dia tahu bahwa Nabi SAW bukanlah seorang tiran atau orang yang berpura-pura.

Meskipun demikian, anak laki-laki itu masih merasakan otoritas ayahnya dengan tajam, jadi dia memalingkan wajahnya ke arah ayahnya dan memandangnya dengan penuh permohonan, menunggu persetujuan ayahnya.

Sekali lagi, Nabi SAW mengajak anak laki-laki tersebut untuk menerima Islam, melihat bahwa kehidupan anak laki-laki tersebut dengan cepat memudar. Pada saat ini, ayah anak laki-laki itu berkata:

“Taatilah Abul-Qasim (Nabi Muhammad SAW) Katakan apa yang (Nabi) Muhammad perintahkan padamu.”

Anak Yahudi itu kemudian mengucapkan kata-kata:

“Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan bahwa anda (Nabi Muhammad) adalah utusan Allah.”

Dia mengucapkan kata-kata ini dengan nafas terakhirnya. Ketika Nabi Muhammad SAW keluar dari rumah anak laki-laki itu, dia merasa hangat karena Allah telah memberinya petunjuk. 

Nabi Muhammad SAW berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah menggunakanku untuk menyelamatkannya dari api neraka."

Kemudian Rasulullah SAW berpaling kepada para sahabatnya dan berkata, "Adakanlah sholat jenazah saudaramu." (HR Imam Al-Bukhari)

Pelajaran yang Bisa Diambil

Dilansir dari laman About Islam, Jumat (15/12/2023) dijelaskan bahwa kita harus belajar dari kejadian ini bagaimana Nabi Muhammad SAW bersikap terhadap orang-orang yang berbeda keyakinan. Adalah penting bahwa Nabi SAW memilih seorang anak laki-laki Yahudi untuk menjadi pelayan pribadinya. Berapa banyak sahabat yang pasti mendambakan kehormatan posisi itu? Berapa banyak umat Islam yang akan sangat gembira jika putra-putra mereka mengabdi pada Nabi Muhammad SAW?

Meski demikian, Nabi SAW memberikan pekerjaan itu kepada seorang anak laki-laki Yahudi. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa kita hendaknya mempunyai sikap yang seimbang, bersahabat, dan wajar dalam menghadapi orang yang berbeda agama, baik itu Yahudi, Kristen, atau lainnya. Tidak ada ketegangan atau keterasingan dalam hubungan Nabi SAW dengan non-Muslim.

Ketika Nabi Muhammad SAW bertemu dengan sekelompok orang yang beragam, Muslim, Yahudi, dan penyembah berhala, beliau akan duduk bersama mereka, berbicara dengan mereka, dan mengajak mereka masuk Islam. Nabi SAW akan berpisah dengan mereka secara damai saat dia datang. Nabi SAW akan mengunjungi non-Muslim di rumah mereka. Nabi SAW menerima undangan mereka dan membuka rumahnya untuk mereka.

Sebagaimana telah kita lihat, Nabi Muhammad SAW bahkan mempekerjakan seorang non-Muslim untuk menjadi pembantu rumah tangga pribadinya. Ini adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan.

Bergaul dengan orang lain adalah cara terbaik untuk membuat non-Muslim mengenal Islam dan mengenal Muslim sebagai umat Nabi Muhammad SAW. Hal ini meruntuhkan hambatan antar manusia dan menciptakan peluang bagi mereka untuk belajar tentang Islam dengan benar.

Inilah sebabnya mengapa anak Yahudi itu menerima anjuran Nabi SAW untuk memeluk Islam. Karena dia tahu tentang Islam.

Dia tahu bagaimana Nabi Muhammad SAW berperilaku. Dia melihat kejujuran dan integritasnya. Perkenalannya yang dekat dengan Nabi SAW itulah yang menyadarkannya bahwa Nabi Muhammad SAW memang benar-benar utusan Allah. Inilah sebabnya mengapa sangat mudah baginya untuk membuat perubahan penting di saat-saat terakhir hidupnya yang sulit.

Kita harus melihat dalam kejadian ini rasa kemanusiaan yang harus ditunjukkan oleh umat Islam dalam berurusan dengan non-Muslim. Nabi Muhammad SAW diutus sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Kita diperintahkan untuk mengunjungi non-Muslim ketika mereka sakit. Di masa perang, ketika kita diserang oleh penyerang non-Muslim, kita diperintahkan dalam Alquran untuk membawa makanan dan perbekalan kepada tawanan perang manapun yang mungkin kita tangkap.

Ketika prosesi pemakaman seorang Yahudi melewati tempat Nabi SAW duduk, dia berdiri memberi hormat. Ketika ditanya mengapa dia berdiri, Nabi menjawab, "Apakah dia bukan manusia?" (HR Imam Al-Bukhari)

Nabi SAW tidak sedang mengunjungi pemimpin atau pejabat terkemuka non-Muslim. Anak laki-laki itu hanyalah seorang pelayan. Namun Nabi SAW menghargainya sebagai manusia.

Inilah sifat-sifat yang dipelajari para sahabat dan penerus dari Nabi SAW, dan karena sifat-sifat mulia inilah banyak hati yang terpikat pada Islam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement