Rabu 13 Dec 2023 22:22 WIB

Begini Akal Bulus Abu Lahab Terhadap Rumah Tangga Dua Putri Mulia Rasulullah SAW

Kelicikan Abu Lahab dan istrinya diabadikan dalam Alquran

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi keluarga Nabi Muhammad SAW (ilustrasi). Kelicikan Abu Lahab dan istrinya diabadikan dalam Alquran
Foto:

Ummu Kultsum dan Ruqayah pun kembali ke pangkuan Nabi dan kemudian ikut hijrah ke Madinah bersama keluarga yang lain. Setelah wafatnya Ruqayah, Ummu Kultsum pun dinikahi Sayyidina Usman bin Affan dan pernikahannya berlangsung pada bulan Rabbiul Awal di tahun ketiga hijriyah.

Sementara itu, iIstri Abu Lahab yakni Aura binti Harb bin Umayyah begitu marah ketika turun surat Al Lahab. Saat pertama kali mendengar ayat pertama surat Al Lahab, wanita yang dijuluki Ummu Jamil al ‘Aura lantaran sebelah matanya buta itu sangat marah.

Ia berteriak-teriak mengeluarkan cacian, makian, dan celaan terhadap Rasulullah dan risalah yang dibawanya. Ia bahkan mengumpulkan batu-batu yang ukurannya sekepalan tangan untuk meneror Rasulullah SAW. Seketika itu, ia mencari keberadaan Rasulullah SAW. 

Sepanjang jalan untuk menemui Rasulullah SAW, wanita itu tak henti-hentinya mengumpat. Bahkan ia dengan lantang mengatakan kebenciannya terhadap agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW. 

Sementara, Rasulullah SAW saat itu tengah berada di masjid bersama Abu Bakar. Sahabat Abu Bakar ash Shiddiq pun melihat kedatangan Aura binti Harb. Segera saja Abu bakar menginformasikan kepada Rasulullah SAW akan kedatangan istri Abu Lahab itu yang datang membawa batu.

Abu Bakar begitu khawatir. Sebab ia tak ingin Rasul yang dicintainya disakiti oleh siapa pun. Namun Rasulullah begitu tentang. Rasul meyakinkan pada Abu Bakar bahwa istri Abu Lahab itu tak akan bisa melihat Rasulullah meskipun berada di hadapan beliau. Seketika itu, Rasulullah membaca sebuah ayat: 

وَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ جَعَلْنَا بَيْنَكَ وَبَيْنَ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالْآخِرَةِ حِجَابًا مَسْتُورًا

Baca juga: Pesan Rasulullah SAW: Jangan Pernah Tinggalkan Sholat 5 Waktu

Artinya: "Dan apabila kamu membaca Alquran niscaya Kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, suatu dinding yang tertutup" (QS al-Isra ayat 45).

photo
Penjelasan tentang cobaan yang dialami Nabi Muhammad yang sangat berat - (Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement