Rabu 13 Dec 2023 17:15 WIB

6 Prinsip Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak dalam Islam 

Anak berhak mendapatkan pendidikan dan kasih sayang.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi anak dalam keluarga.
Foto:

5) Keadilan dan perlakuan adil

Islam menekankan pentingnya perlakuan adil terhadap anak-anak. Setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlakuan yang adil dan setara tanpa diskriminasi. Keadilan harus ditegakkan dalam memberikan hak, tanggung jawab, dan peluang bagi anak-anak, tanpa membedakan jenis kelamin, suku, atau status sosial. Nabi SAW bersabda, 

فَاتَّقُوا اللَّهَ ، وَاعْدِلُوا بَيْنَ أَوْلاَدِكُمْ

“Bertakwalah pada Allah. Bersikap adillah terhadap anak-anakmu.” An Nu’man berkata bahwa ayahnya kembali dan menarik hadiah tersebut (Muttafaqun ‘alaih). 

6) Partisipasi dan pendapat anak

Islam mengakui pentingnya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk untuk berpartisipasi dan menghargai pendapat mereka dalam hal-hal yang mempengaruhi kehidupan mereka. Anak-anak memiliki hak untuk menyuarakan pendapat mereka dan diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kehidupan mereka, sesuai dengan tingkat usia dan kedewasaan mereka.  

“Prinsip-prinsip perlindungan anak dalam Islam mencerminkan komitmen untuk melindungi, merawat, dan memberdayakan anak-anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang baik dan mendukung. Prinsip-prinsip ini memberikan landasan moral dan etis yang kuat untuk memastikan perlindungan anak-anak sesuai dengan ajaran agama Islam,” (Hukum Keluarga Islam, halaman 76).

Lalu, apa saja hak-hak perlindungan anak?

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement