Rabu 13 Dec 2023 17:15 WIB

6 Prinsip Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak dalam Islam 

Anak berhak mendapatkan pendidikan dan kasih sayang.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi anak dalam keluarga.
Foto:

2) Kesejahteraan dan Keamanan

Islam menekankan pentingnya melindungi anak-anak dari bahaya, kekerasan, eksploitasi, dan segala bentuk perlakuan yang merugikan. Anak-anak memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman, baik fisik maupun psikologis. Dalam Islam, setiap orang memiliki kewajiban untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan dan keamanan anak-anak.  

3) Pendidikan dan pembinaan

Islam mengajarkan pentingnya memberikan pendidikan dan pembinaan yang baik kepada anak-anak. Anak-anak memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan agama yang kuat dan pendidikan umum yang berkualitas. Hal itu antara lain diisyaratkan dalam Alquran surat at Tahrim ayat 6. 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (At Tahrim ayat 6). 

Orang tua, masyarakat dan lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk memberikan bimbingan dan pembinaan yang sesuai untuk membentuk karakter, moralitas, dan pengetahuan anak-anak. 

4) Kasih sayang dan perhatian

Islam mengajarkan pentingnya memberikan kasih sayang, perhatian, dan kepedulian kepada anak-anak. Orang tua dan anggota keluarga harus merawat, dan mengasuh anak-anak dengan penuh cinta dan kelembutan. Dalam Islam, kehadiran fisik dan emosional orang tua sangat penting bagi perkembangan anak-anak. 

 

Lihat halaman berikutnya >>> 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement