Rabu 13 Dec 2023 17:15 WIB

6 Prinsip Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak dalam Islam 

Anak berhak mendapatkan pendidikan dan kasih sayang.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi anak dalam keluarga.
Foto: AP Photo/Ali Mahmoud
Ilustrasi anak dalam keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus kekerasan pada anak kembali terjadi. Kasus teranyar, RA (29 tahun) menganiaya balita berinisial HZ (3 tahun) di kawasan Condet, Kramat Jati, Jakarta, hingga mengalami payah tulang leher dan cedera otak karena merasa terganggu ketika ingin berhubungan intim dengan tante korban berinisial S (17 tahun). Kasus tersebut tengah ditangani kepolisian. Terlepas dari kasus tersebut bagaimana perhatian agama Islam terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak?

Perlindungan anak dalam Islam adalah suatu aspek yang sangat penting dalam memastikan kesejahteraan dan kebahagiaan anak-anak dalam masyarakat Muslim. Islam memberikan perhatian khusus terhadap hak-hak anak dan memberikan pedoman yang jelas untuk melindungi anak-anak dark segala bentuk eksploitasi, kekerasan, dan penelantaran. 

Baca Juga

Anak-anak merupakan amanah dari Allah ta'ala dan sudah semestinya mendapatkan perlindungan, kasih sayang, dan perawatan yang layak dari keluarga, masyarakat, dan negara. Dalam Islam, perlindungan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh komunitas Muslim. Perlindungan anak dalam pandangan Islam tidak hanya melibatkan aspek fisik dan keamanan, tetapi juga mencakup aspek moral, psikologis, dan spiritual.

Ajaran Islam telah memberikan pedoman yang jelas tentang perlindungan anak. Oleh karena itu sangat penting dalam memahami nilai-nilai dan ajaran Islam yang mendasari perlindungan anak dan berkomitmen untuk mengambil tindakan nyata dalam melindungi hak-hak anak. 

 

Dalam buku Hukum Keluarga Islam yang ditulis oleh Muhammad Fajar Sidiq Widodo dkk dan diterbitkan Sada Kurnia Pustaka tahun 2023 menjelaskan prinsip-prinsip perlindungan anak dalam Islam. Apa saja?

1) Kehormatan dan Martabat

Dalam Islam, setiap anak memiliki hak atas kehormatan dan martabat yang harus dihormati oleh semua individu, termasuk orang tua, anggota keluarga, masyarakat, dan negara. Anak-anak tidak boleh diperlakukan dengan perlakuan yang merendahkan, kasar, atau tidak manusiawi. Mereka harus diperlakukan dengan penuh kasih sayang, hormat, dan penghargaan sebagai individu yang bernilai dalam pandangan Allah SWT. Hal tersebut diantaranya diisyaratkan dalam hadits Rasulullah SAW:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: أَكْرِمُوا أَوْلَادَكُمْ وَأَحْسِنُوا آدَابَهُمْ

Nabi SAW bersabda: “Muliakanlah anak-anak kalian dan ajarilah mereka tata krama.” (HR. imam Ibnu Majah dari sahabat Anas bin Malik).

 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement