Selasa 12 Dec 2023 20:19 WIB

Manfaat Istighfar yang Diajarkan Rasulullah SAW dan Khasiatnya Dibuktikan Medis

Istighfar sangat dianjurkan Rasulullah SAW

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi istighfar. Istighfar sangat dianjurkan Rasulullah SAW
Foto:

Dr Nadiah Thayyarah melalui "Sains dalam Al-Qur'an: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah", menjabarkan, para ahli jiwa telah menyampaikan bahwa orang-orang yang menderita komplikasi kejiwaan biasanya diakibatkan oleh tekanan batin sejak kanak-kanak atau akibat peristiwa traumatik yang mereka alami.

Saat beranjak dewasa, perasaan tertekan ini semakin membesar hingga menyebabkan komplikasi kejiwaan, bahkan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Kemudian, para ilmuwan menyimpulkan bahwa tindakan mengakui kesalahan di hadapan orang lain biasanya dapat menjernihkan jiwa dan menyembuhkan penyakit.

Kedokteran modern menamakan istilah ini dengan psychoanalysis, yaitu pengakuan seorang pasien tentang masalah-masalah kejiwaan yang dialaminya di hadapan seorang dokter jiwa atau psikiater.

Baca juga: Karen Amstrong Kisahkan Aksi Salahuddin Al-Ayyubi Kala Rebut Yerusalem dari Tentara Salib

"Ilmu psikologi modern sangat sesuai dengan hadis Nabi yang berbicara tentang istigfar dan faedahnya dalam menghilangkan tekanan jiwa manusia. Ini merupakan mukjizat nabawi di bidang ilmu kejiwaan," terang Dr Nadiah.

Karena itu, ketika seorang Muslim mengakui kesalahan dan dosanya lalu dia memohon ampun kepada Allah dengan sungguh-sungguh dan mengucapkan istighfar, maka perbuatannya itu akan menimbulkan ketenangan pada batinnya.

photo
Infografis 3 Cara Raih Ampunan Allah di Tahun Baru Hijriyah - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement