Selasa 12 Dec 2023 00:05 WIB

Debat Capres-Cawapres, Salah Satu Adabnya Memberi Kesempatan pada Lawan Bicara

Bahkan, dalam Alquran pun mengabadikan tentang memberi kesempatan tersebut.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Jadwa dan Tema Debat Pilpres 2024
Foto:

Bahkan, dalam Alquran pun mengabadikan tentang bagaimana kesempatan diberikan kepada orang-orang musyrik untuk menunjukkan kekuatan sembahan-sembahan mereka. Dikatakan sebagai berikut:

قُلْ اَرُوْنِيَ الَّذِيْنَ اَلْحَقْتُمْ بِهٖ شُرَكَاۤءَ كَلَّا ۗبَلْ هُوَ اللّٰهُ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

"Katakanlah, “Perlihatkanlah kepadaku sembahan-sembahan yang kamu hubungkan dengan Dia sebagai sekutu-sekutu(-Nya), tidak mungkin! Sebenarnya Dialah Allah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana." (QS. Saba' ayat 27)

Sebagai utusan Allah SWT, Nabi Muhammad SAW yakin bahwa beliaulah orang yang mendapat petunjuk, dan para penyembah berhala adalah orang-orang yang sesat. Nabi SAW juga yakin pelanggaran itu adalah gambaran orang yang menyembah selain Allah SWT.

Namun, sikap diri beliaulah yang paling benar tidak dilakukan Nabi SAW karena justru itu merendahkan diri beliau di depan musuhnya. Karena itu, Nabi Muhammad SAW meminta orang-orang musyrik untuk menyampaikan argumentasi mereka dengan semua bukti yang mereka bisa. Sebagaimana dikatakan dalam Surat Saba' ayat 27 tersebut.

Dalam ayat tersebut, orang-orang musyrik diminta untuk menunjukkan segala sesuatu yang telah diberikan kepada mereka, berupa argumentasi dan bukti yang benar, karena Nabi SAW akan mendengarkan argumentasi mereka.

Jika orang-orang musyrik tidak mampu membuktikannya, maka sampailah pada pengakuan ihwal memilih Allah SWT sebagai sumber rezeki dan kekuasaan mutlak. Maka, tidaklah adil jika Allah memberi, mencipta, dan melimpahkan berkah, tetapi menyembah selain-Nya.

Jadwal dan tema debat capres pemilu 2024...

sumber : Alukah

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement