Selasa 12 Dec 2023 00:05 WIB

Debat Capres-Cawapres, Salah Satu Adabnya Memberi Kesempatan pada Lawan Bicara

Bahkan, dalam Alquran pun mengabadikan tentang memberi kesempatan tersebut.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Jadwa dan Tema Debat Pilpres 2024
Foto: Infografis Republika
Jadwa dan Tema Debat Pilpres 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) dijadwalkan akan menjalani debat pada 12 Desember 2023. Ajang ini akan menjadi salah satu cara untuk mengetahui visi misi para calon.

Sering dalam berdebat, seseorang tidak memberikan kesempatan bicara kepada lawan bicaranya. Ini kadang terjadi di acara-acara televisi yang menyuguhkan tayangan debat.

Baca Juga

Namun, bagaimana Islam memandang hal tersebut? Salah satu adab berdebat dalam Islam, yaitu mengizinkan lawan bicara untuk mengatakan semua yang ingin disampaikan. Lalu dengarkan dan simak dengan tenang.

Mendengarkan lawan debat adalah bentuk keadilan baginya. Sebab mungkin dia akan mengemukakan sesuatu yang meyakinkan jika yang disampaikannya benar. Atau, ada hal yang patut direspons dari apa yang disampaikan oleh lawan bicara.

 

Seperti halnya dokter, yang memberikan ruang kepada pasien untuk membicarakan kondisinya secara detail. Sebab, mungkin saja penyakit yang dideritanya itu sudah mencapai akar penyakit, lokasi dan riwayatnya sehingga berdampak pada diagnosis dan pengobatan.

Jiwa pasien akan lebih nyaman setiap kali ia membicarakan penyakitnya secara keseluruhan dan rinci. Dengan demikian, dokter yang bijak dapat menyadarinya dan tahu bagaimana cara mengatasi keluhan penyakit tersebut.

Bahkan, dalam Alquran pun...

sumber : Alukah
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement