Senin 11 Dec 2023 15:25 WIB

Jelang Debat Capres-Cawapres, Ini Adab Berdebat yang Diisyaratkan Alquran

Islam telah mengajarkan dan memberi tuntunan terkait adab dalam berdebat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Jelang Debat Capres-Cawapres, Ini Adab Berdebat yang Diisyaratkan Alquran
Foto:

2. Menghindari pernyataan 'pendapat saya benar dan pendapat kamu salah'

Sungguh, Allah SWT adalah keadilan tertinggi. Karena itu, jangan berkata kepada lawan bicara dengan, "Saya akan jelaskan kepada kamu apa yang benar dan apa yang Anda lakukan itu salah."

Tetapi katakan pada lawan bicara, "Salah satu dari kita benar dan yang lainnya salah, jadi mari kita berdialog. Marilah kita mengetahui siapa di antara kita yang benar dan ikutilah jalan Allah SWT."

Dalam Alquran dikatakan:

وَاِنَّآ اَوْ اِيَّاكُمْ لَعَلٰى هُدًى اَوْ فِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ

"....dan sesungguhnya kami atau kamu (orang-orang musyrik), pasti berada dalam kebenaran atau dalam kesesatan yang nyata." (QS. Saba' ayat 24)

Dapat diketahui, ayat tersebut bahkan tidak secara langsung menyalahkan orang-orang musyrik atas kesesatannya. Tetapi menyebutkan salah satu dari kedua belah pihak berada dalam kebenaran atau kesesatan.

Dalam hal ini, ulama sekaliber Imam Syafi'i pun berkata, "Pendapat saya benar dan mungkin salah, dan pendapat lawan saya salah dan mungkin benar. Saya tidak pernah berdebat dengan siapa pun kecuali aku ingin apa yang benar itu ada di lisannya."

Dengan demikian, tujuan debat sebetulnya adalah untuk mencapai kebenaran, bukan untuk meraih kemenangan bagi diri sendiri dan keinginan tampil dan menang. Kemenangan di pengadilan akal budi adalah milik pihak yang mempunyai argumentasi dan bukti yang paling kuat.

Jadwal dan tema debat capres-cawapres...

sumber : Alukah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement