Jumat 08 Dec 2023 13:30 WIB

Pembunuhan 4 Bocah di Jagakarsa, Begini Kasih Sayang Rasulullah pada Anak-Anak

Rasulullah dikenal sebagai penyayang anak.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Nabi Muhammad.
Foto:

Banyak kisah lainnya yang menggambarkan besarnya kecintaan beliau kepada anak-anak. Rasulullah SAW telah memberikan teladan tentang kasih sayang kepada anak-anak. Bahkan, Nabi akhir zaman itu dijuluki sebagai bapak para anak yatim.

Suatu hari, Rasulullah juga pernah memendekkan bacaan shalatnya ketika mendengar anak menangis. Selain itu, Rasulullah juga pernah mengangkat anak yang jatuh di dekatnya ketika sedang khotbah.

Rasulullah pun selalu menghibur dan menggembirakan hati anak-anak. Bila datang seseorang membawa bingkisan berupa buah-buahan, maka yang pertama diberinya adalah anak-anak kecil yang kebetulan ada di majelis itu.

Menyayangi anak adalah perintah agama, karena Islam banyak mengajarkan kasih sayang kepada siapapun. Rasulullah SAW telah mencontohkan bagaimana cara menyayangi anak, seperti menciumnya, lemah lembut, belas kasihan, menahan marah dan memaafkan anak-anak.

 

Allah akan mencabut sifat belas kasih apabila orangtua tidak menyayangi anak. Dengan demikian, orang tua harus menyayangi anak, agar tumbuh rasa kasih sayang itu pada diri anaknya pula. Allah mencintai kelembutan serta membenci kekerasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement