Jumat 08 Dec 2023 13:21 WIB

Pembunuhan Anak di Jagakarsa, Ini Pesan Nabi Muhammad Terkait Mendidik Anak

Saat haji wada, Nabi Muhammad berpesan tentang anak.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Proses evakuasi empat jenazah anak di Jagakarsa, Jakarta Selatan yang diduga meninggal karena dikunci di dalam kamar oleh ayahnya sendiri, Rabu (6/12/2023).
Foto:

Islam menaruh perhatian yang besar terhadap pengasuhan anak sejak dini oleh orang tuanya secara langsung. Nabi Muhammad SAW pun telah berpesan tentang pentingnya peran orang tua, dalam hal ini ayah, dalam mendidik anak sejak kecil secara langsung.

Rasulullah SAW bersabda, "Bayi tidak dilahirkan (ke dunia) kecuali berada dalam keadaan fitrah (suci). Ayahnya itulah yang akan membuatnya (anak) menjadi Yahudi, Nasrani, atau Majusi" (HR Bukhari dan Muslim).

Al-Hafiz Ibnu Hajar Al-Asqolani menyampaikan dalam kitab Fathul Baari, bahwa pandangan ulama yang paling populer terkait makna fitrah dalam hadits tersebut, menyebutkan bahwa fitrah yang dimaksud dalam hadis itu adalah Islam. Anak adalah amanah yang dititipkan kepada orang tua sehingga sudah sepatutnya orang tua, baik ayah dan ibu menunjukkan kasih sayangnya kepada anak.

Dalam hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW berpesan, "...Seorang suami adalah pemimpin atas anggota keluarganya dan akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang istri adalah pemimpin atas rumah tangga dan anak-anaknya dan akan ditanya perihal tanggung jawabnya..." (HR Muslim)

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement