Kamis 07 Dec 2023 18:49 WIB

Tiga Tingkatan Ikhlas Menurut Syekh Nawawi Al Bantani

Ikhlas adalah amal ibadah yang dilakukan oleh hati.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikhlas adalah amal ibadah yang dilakukan oleh hati. Nilai ibadah yang dilakukan oleh raga sangat bergantung pada nilai ikhlas yang ada dalam hati seorang mukmin. Berkaitan dengan ikhlas, Syekh Nawawi Al-Bantani membaginya menjadi tiga tingkatan.

Dilansir dari laman resmi Kemenag, dalam kitab Nurudh Dholam, Syekh Nawawi Al-Bantani menyampaikan tingkatan pertama adalah ikhlas karena Allah. Ikhlas karena Allah menempati posisi pertama dan utama.

Baca Juga

Ikhlas dalam kelompok ini adalah seorang mukmin ketika beribadah kepada Allah dan melakukan amal saleh, sama sekali tidak mengharapkan apapun kecuali ridha Allah. Seorang mukmin tidak juga mengharapkan pahala surga atau untuk menghindari siksa neraka. Menurut Syekh Nawawi, ikhlas seperti ini berada pada tingkatan tertinggi.

Tingkat kedua, ikhlas karena akhirat. Tingkatan ikhlas kedua adalah beribadah dan beramal saleh karena mengharapkan pahala, mendapatkan surga, dan takut pada siksa neraka. Menurut Syekh Nawawi, tingkatan ikhlas ini berada pada tingkatan menengah.

 

Ketiga, ikhlas karena...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement