Selasa 05 Dec 2023 14:03 WIB

Kisah Hudzaifah bin Yaman, Mata-Mata Muslim dan Penjaga Rahasia Rasulullah (2-Habis)

Hudzaifah bin al-Yaman Ra, Intel Muslim dan Penjaga Rahasia Rasulullah (2)

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto:

Salah satu rahasia yang diamanatkan oleh Nabi Saw ialah tentang keberadaan orang-orang munafik di Madinah. Dari seluruh sahabat Rasulullah Saw, hanya Hudzaifah yang mengetahui secara detail keberadaan orang-orang munafik di Madinah. Pengetahuannya akan keberadaan orang-orang munafik itu kemudian menyebabkan Umar bin Khattab, hanya bersedia menyalati jenazah bila Hudzaifah ikut menyalatkan jenazah itu.

Terkait dengan rahasia yang dipegang oleh Hudzaifah ini, pernah terjadi percakapan antara Umar bin Khattab dengannya. Umar menanyakan apakah di antara nama-nama orang-orang munafik itu ada namanya.

"Apakah namaku masuk dalam data orang-orang munafik yang disampaikan Rasulullah Saw kepadamu, wahai Hudzaifah?” kata Umar penasaran.

Dengan tegas, Hudzaifah menjawab “Tidak, ketahuilah wahai Umar, aku tidak akan memberitahukan informasi ini kepada siapapun setelah engkau,” Hudzaifah pun tidak memberitahukan nama di jajaran anak buah Umar yang munafik. Meski khalifah kedua itu mendesak agar diberi tahu nama orang-orang munafik itu, Hudzaifah tetap menyimpan rahasia tersebut dengan baik.

Umar bertanya kepada Hudzaifah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement