Ahad 03 Dec 2023 08:30 WIB

Kala Yahudi Berdebat Soal Agama Nabi Ibrahim, Begini Bantahan Alquran 

Yahudi Israel telah berbuat biadab terhadap Palestina.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Kisah Nabi Ibrahim AS (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Kisah Nabi Ibrahim AS (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Orang Yahudi dan Nasrani saling berdebat tentang agama nabi Ibrahim alaihi salam. Orang Yahudi mengklaim bahwa agama nabi Ibrahim sama dengan mereka. Begitu juga orang Nasrani, mengklaim agama nabi Ibrahim sama dengan mereka. Alquran Al Karim membantah klaim mereka semuanya. Alquran menegaskan bahwa nabi Ibrahim adalah orang yang beriman kepada Allah ta'ala, nabi Ibrahim jauh dari kesyirikan dan dia adalah seorang Muslim. 

يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لِمَ تُحَاجُّونَ فِي إِبْرَاهِيمَ وَمَا أُنْزِلَتِ التَّوْرَاةُ وَالْإِنْجِيلُ إِلَّا مِنْ بَعْدِهِ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ (٦٥) هَا أَنْتُمْ هَٰؤُلَاءِ حَاجَجْتُمْ فِيمَا لَكُمْ بِهِ عِلْمٌ فَلِمَ تُحَاجُّونَ فِيمَا لَيْسَ لَكُمْ بِهِ عِلْمٌ ۚ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ (٦٦) مَا كَانَ إِبْرَاهِيمُ يَهُودِيًّا وَلَا نَصْرَانِيًّا وَلَٰكِنْ كَانَ حَنِيفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ (٦٧) إِنَّ أَوْلَى النَّاسِ بِإِبْرَاهِيمَ لَلَّذِينَ اتَّبَعُوهُ وَهَٰذَا النَّبِيُّ وَالَّذِينَ آمَنُوا ۗ وَاللَّهُ وَلِيُّ الْمُؤْمِنِينَ (٦٨). 

Baca Juga

Artinya: Hai Ahli Kitab, mengapa kamu bantah membantah tentang hal Ibrahim, padahal Taurat dan Injil tidak diturunkan melainkan sesudah Ibrahim. Apakah kamu tidak berpikir? (65). Beginilah kamu, kamu ini (sewajarnya) bantah membantah tentang hal yang kamu ketahui, maka kenapa kamu bantah membantah tentang hal yang tidak kamu ketahui? Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui. (66) Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik. (67). Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), beserta orang-orang yang beriman (kepada Muhammad), dan Allah adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman. (68). (Alquran surat Ali Imran ayat 65-68). 

Ibnu Katsir dalam tafsir Qur'an Al Adzim menjelaskan bahwa dalam ayat-ayat tersebut Allah ta'ala mengingkari orang-orang Yahudi dan Nasrani yang saling berbantah-bantahan mengenai nabi Ibrahim. Masing-masing mereka mengklaim bahwa nabi Ibrahim adalah dari golongan mereka. 

Ayat ini turun berkenaan dengan perdebatan antara orang Nasrani Najran dan pendeta Yahudi tentang nabi Ibrahim di hadapan Rasulullah SAW.

حدثني محمد بن أبي محمد مولى زيد بن ثابت ، حدثني سعيد بن جبير أو عكرمة ، عن ابن عباس قال : اجتمعت نصارى نجران وأحبار يهود عند رسول الله ﷺ ، فتنازعوا عنده ، فقالت الأحبار : ما كان إبراهيم إلا يهوديا . وقالت النصارى ما كان إبراهيم إلا نصرانيا . فأنزل الله تعالى: (يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لِمَ تُحَاجُّونَ فِي إِبْرَاهِيمَ وَمَا أُنْزِلَتِ التَّوْرَاةُ وَالْإِنْجِيلُ إِلَّا مِنْ بَعْدِهِ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ ) 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement