Sabtu 02 Dec 2023 17:50 WIB

Orang Berakhlak Baik Derajatnya Setara Ahli Ibadah dan Mujahid 

Keberuntungan akan menghampiri setiap orang yang berakhlak baik.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Orang Berakhlak Baik Derajatnya Setara Ahli Ibadah dan Mujahid. Foto:  Ibadah. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Orang Berakhlak Baik Derajatnya Setara Ahli Ibadah dan Mujahid. Foto: Ibadah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Keberuntungan akan menghampiri setiap orang yang berakhlak baik. Sebab orang-orang akan mencintainya dan menaruh hormat karena akhlaknya. Tapi yang lebih menggembirakan bagi orang yang berakhlak baik adalah Allah SWT mengangkat derajatnya sebagaimana orang-orang yang ahli ibadah. 

Ini sebagaimana diungkapkan oleh Rasulullah dalam wasiatnya kepada Ali bin Abi Thalib yang dapat ditemukan di dalam kitab Wasiyatul Mustofa yang disusun Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syarani.

Baca Juga

يَا عَلِيُّ، إِنَّ الرَّجُلَ لَيَبْلُغُ بِالْخُلُقِ الْحَسَنِ دَرَجَةَ الصَّائِمِ الْقَائِمِ الْمُغَازِ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ

Wahai Ali, sesungguhnya seseorang itu dengan akhlak yang baik bisa mencapai derajatnya orang ahli puasa, dan derajatnya orang yang bangun malam, dan yang berperang di jalan Allah (berjihad). 

 

Maknanya bahwa bila seseorang dalam kesehariannya berakhlak baik dalam berhubungan dengan keluarganya, tetangganya, temannya, guru-gurunya, dan orang lain maka orang tersebut akan dapat mencapai derajat yang tinggi. Kendati pun orang tersebut jarang sholat malam, berpuasa sunah, maka orang yang berakhlak baik dalam kesehariannya itu akan memiliki derajat yang tinggi sebagaimana orang-orang yang ahli ibadah tersebut.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement