Jumat 01 Dec 2023 08:48 WIB

Etika Saat Khatib Jumat Telah Naik Mimbar Agar Ibadah tak Sia-Sia

Ada etika yang harus diperhatikan saat sholat Jumat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ratusan jamaah ikuti ibadah Sholat Jumat pertama di Masjid Agung Dharmasraya
Foto:

Pernah ada sahabat telat datang sholat Jumat. Ia datang saat Rasulullah SAW bertindak sebagai khatib Jumat. Dikarenakan datang terlambat, demi menyimak khutbah keagamaan, sahabat tadi langsung duduk dan tidak sholat tahiyatul masjid.

Rasul pun akhirnya menegurnya. Beliau berkata:

  صل ركعتين خفيفتين قبل أن تجلس

Artinya: “Shalatlah kamu dua rakaat dengan ringkas (cepat) sebelum duduk” (HR: Ibn Hibban)      

Rasulullah SAW tetap memerintahkan sholat dua rakaat sekalipun khutbah Jumat sedang berlangsung. Ini menunjukkan saking sunnah dan utamanya sholat tahiyatul masjid.

Khusus bagi orang yang terlambat, dianjurkan mempercepat sholatnya agar dapat mendengar khutbah jumat. Berdasarkan hadits ini, Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab mengatakan:

     واما إذا دخل والإمام يخطب يوم الجمعة أو غيره فلا يجلس حتى يصلي التحية ويخففها      

“Apabila seorang masuk masjid dan khatib sedang khutbah Jumat, hendaklah ia sholat tahiyatul masjid terlebih dahulu dan mempercepatnya”.

Menurut Syekh Nawawi Al-Bantani dalam Nihayatuz Zen, ada tiga kondisi yang tidak dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahiyatul masjid. Ia mengatakan:

 وهي ركعتان قبل الجلوس لكل داخل متطهرمريد الجلوس فيه لم يشتغل بها عن الجماعة ولم يخف فوت راتبة، ولا تسن للخطيب إذا خرج للخطبة، ولا لمن دخل آخر الخطبة بحيث لو فعل التحية فاته أول الجمعة مع الإمام

Artinya, “Sholat tahiyatul masjid adalah sholat dua rakaat sebelum duduk bagi orang yang masuk masjid dalam kondisi suci dan ingin duduk, serta tidak khawatir tertinggal sholat berjamaah dan shalat sunnah rawatib. Sholat tahiyatul masjid tidak disunnahkan bagi khatib yang mau langsung khutbah, dan tidak disunnahkan juga bagi orang yang masuk masjid pada khotbah terakhir, bisa dipastikan kalau mengerjakan tahiyatul masjid dulu sholat Jumat bersama imam akan luput.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement