Kamis 30 Nov 2023 09:57 WIB

Musim Kampanye Pemilu 2024 Dimulai, Ingat 5 Etika Berkampanye dalam Islam

Kejujuran salah satu kunci sukses komunikasi politik.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Pedagang melintas di depan alat peraga kampanye yang terpasang di kawasan Tendean, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Usai diresmikannya masa kampanye Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sejumlah ruas jalan di Jakarta mulai dipenuhi oleh baliho dan spanduk capres cawapres, partai politik dan calon legislatif. Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Masa kampanye tersebut mencakup pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden, serta kampanye melalui media sosial yang berlangsung dari tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang.
Foto:

3. Keteladanan

Seyogianya setiap peserta pemilu menampilkan dan menyampaikan programnya dengan cara dan keteladanan yang terbaik. Misalnya, dengan mengedepankan keunggulan diri tanpa menjelekkan dan mengejek rival dalam kontestasi pemilu.

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ …

Artinya: Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, (Al Isra ayat 7).

4. Kejujuran saat kampanye

Kejujuran salah satu kunci sukses komunikasi politik. Oleh karena itu, dalam berkampanye hindari obral janji yang tidak dapat direalisasikan. Sebab mengobral janji tanpa merealisasikan merupakan tindakan kebohongan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا،

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, (Al Ahzab ayat 70).

Ukhuwah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement