Kamis 16 Nov 2023 14:18 WIB

Tak Hanya Alquran dan Hadits, Kehancuran Yahudi Israel Juga Diisyaratkan Bibel?

Kehancuran Yahudi Israel telah ditetapkan Allah SWT

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Yahudi Israel (ilustrasi). Kehancuran Yahudi Israel telah ditetapkan Allah SWT
Foto:

Al Hafiz Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari menjelaskan bahwa dua hadits di atas adalah hadits yang memberitakan tentang peristiwa yang akan terjadi pada akhir zaman. Dan waktunya belum terjadi hingga saat ini. Dari lafaz tuqotilu (تُقَاتِلُونَ) yang berarti kalian akan memerangi menurut Ibnu Hajar adalah seluruh umat Muslim.

قوله ( تقاتلون) فيه جواز مخاطبة الشخص والمراد غيره ممن يقول بقوله ويعتقد اعتقاده ، لأنه من المعلوم أن الوقت الذى أشار إليه لم يأت بعد. وإنما أراد بقوله تقاتلون مخاطبة المسلمين. 

Artinya: kalimat tuqotilu (kalian memerangi) dalam kalimat ini maksudnya bolehnya berbicara dengan seseorang dan yang dimaksud dalam pembicaraan itu adalah orang lain yang memiliki persamaan dari segi prinsip dan keyakinan dengan lawan bicaranya. Sebab diketahui waktu yang dimaksudkan sampai saat ini belum terjadi. Dan yang dimaksud dengan kalimat tuqotilu itu adalah kaum Muslimin. (Lihat kitab Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari karya Al Hafiz Ibnu Hajar Al Asqalani, cetakan Maktabah Salafiyyah juz 6,  halaman 103)

Lebih lanjut Ibnu Hajar menjelaskan bahwa hadits ini mengisyaratkan bahwa agama Islam akan abadi di muka bumi hingga hari kiamat yakni hingga turunnya nabi Isa. Nabi Isa akan memerangi Dajjal dan membinasakan orang-orang Yahudi yang menjadi pengikut Dajjal.

وفي هذه الحَربِ يَتعاوَنُ كُلُّ شَيءٍ مع المُجاهِدينَ المُسلِمينَ، حتَّى تَتكَلَّمُ الجَماداتُ مِنَ الحَجَرِ ونَحوِه، كُلَّما اختَبَأ يَهوديٌّ وَراءَ شَيءٍ منها تَكَلَّمتْ ونادَتْ على المُسلِمِ فقالَتْ: يا مسلمُ، هذا يَهوديٌّ وَرائي، تَعالَ فاقتُلْه، .

Dan dalam peperangan ini semuanya (hingga benda mati) bersama-sama membantu Mujahidin Muslim sehingga berbicaralah benda-benda mati dari batu dan sejenisnya. Setiap kali orang Yahudi bersembunyi di balik semuanya itu, maka bebatuan berbicara memanggil kaum Muslim dan berkata: Wahai pasukan Muslim, ini orang Yahudi dibelakangku cepat kesini dan bunuh dia. (dilansir Dorrar lihat: https://dorar.net/hadith/sharh/61547).

3. Bibel

Kitab Bibel ternyata juga mencatatkan gambaran tentang kehancuran kaum Yahudi Israel di akhir zaman. Sebagaimana dituliskan oleh Wisnu Sasongko dalam bukunya berjudul Armageddon Peperangan Akhir Zaman yang diterbitkan oleh Gema Insani pada 2003, menjelaskan keadaan kaum Yahudi sebagaimana yang disebutkan dalam hadits riwayat Imam Bukhari nomor 2925 dalam Fathul Bari juga selaras dengan keadaan kaum Yahudi Israel yang disebutkan dalam Bible  Yehezkiel (7:15). 

Baca juga: 10 Peluang Pintu Langit Terbuka Lebar, Doa yang Dipanjatkan Insya Allah Dikabulkan  

“Pedang ada di luar kota, sampar dan kelaparan ada di dalam. Barangsiapa yang di luar kota akan mati karena pedang, dan barangsiapa yang di dalam kota akan binasa oleh kelaparan dan sampar,” Yehezkiel (7:15).Hal ini dipertegas dalam Bibel Yehezkiel pasal 6 ayat 11-14.

“Beginilah firman Tuhan Allah: "Bertepuklah dan entakkanlah kakimu ke tanah dan serukanlah: Awas! Oleh sebab segala perbuatan kaum Israel yang keji dan jahat, mereka akan rebah mati karena pedang, kelaparan dan penyakit sampar. Yang jauh akan mati karena sampar, yang dekat akan rebah karena pedang dan yang terluput serta terpelihara akan mati karena kelaparan. Demikianlah Aku akan melampiaskan amarah-Ku kepada mereka. Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan mereka dan tanahnya, di mana saja mereka diam, akan Kubuat menjadi musnah dan sunyi sepi mulai dari padang gurun sampai ke Ribla dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah Tuhan. 

photo
Tuduhan keturunan Yahudi oleh Rusia - (Tim infografis Republika)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement