Kamis 16 Nov 2023 14:18 WIB

Tak Hanya Alquran dan Hadits, Kehancuran Yahudi Israel Juga Diisyaratkan Bibel?

Kehancuran Yahudi Israel telah ditetapkan Allah SWT

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Yahudi Israel (ilustrasi). Kehancuran Yahudi Israel telah ditetapkan Allah SWT
Foto:

Mahdiy Saied Rezk Karisem dalam buku Sejarah dan Keutamaan Masjid Al Aqsha dan Al Quds menjelaskan bahwa para mufasir berbeda pendapat mengenai apakah dua perusakan atau dua kerusakan itu sudah terjadi atau belum.

Sebagian mufasir mengatakan belum terjadi dan sebagian yang lain mengatakan telah terjadi. Sebagian dari mereka juga mengatakan bahwa kerusakan pertama telah terjadi, sedangkan kerusakan yang kedua belum terjadi. Ada banyak pendapat tentang masalah ini. Di antara pendapat tersebut yakni sebagai berikut

Pendapat pertama, kerusakan pertama terjadi sesudah nabi Sulaiman di mana kaum (Bani Israil) kembali kepada kemusyikan, penyembah berhala, dan kezaliman sehingga Allah mengirimkan Nebukadnezar dari Babilonia untuk membunuhi mereka, menumpas dan membawa mereka sebagai tawanan pada 586 M.

Sedangkan kerusakan kedua terjadi pada zaman Romawi pada 70 M hingga 125 M. Sehingga Allah SWT mengirimkan penguasa bernama Titus dan Hadrianus untuk membunuhi dan mengusir mereka sehingga mereka terpencar-pencar di berbagai penjuru dunia. 

Pendapat kedua, kerusakan pertama adalah kerusakan yang sama dengan pendapat pertama yaitu ketika Nebukadnezar mendatangi dan menumpas mereka. Sedangkan kerusakan kedua terjadi pada zaman nabi Muhammad SAW yaitu yang terjadi pada Yahudi Madinah dan Khaibar. 

Baca juga: Mengapa Malaikat Jibril Disebut Ruh Kudus dalam Alquran?

Pendapat ketiga, kerusakan pertama adalah kerusakan yang terjadi pada zaman nabi Muhammad SAW. Sedangkan kerusakan kedua adalah yang terjadi hari ini di Palestina. 

"Inilah kerusakan kedua yang sedang berlangsung saat ini, dan tinggal janji kehancuran mereka yang belum terwujud, yaitu janji akhir (janji kedua) berupa pembalasan atas mereka dan pemberian kekuasaan kepada umat Islam atas mereka, kekalahan mereka, dan masuknya Islam sekali lagi ke Masjidil Al Aqsha untuk mengecewakan dan menghinakan orang-orang Yahudi," (Lihat buku Sejarah dan Keutamaan Masjid Al Aqsha dan Al Quds karya Mahdiy Saied Rezk Karisem, penerbit pustaka Al Kautsar,  halaman 254).

2. Hadits 

Dalam hadits diinformasikan bahwa kelak umat Muslim akan bertempur melawan orang-orang Yahudi. Hingga orang-orang Yahudi itu ketakutan menghadapi pasukan Muslim. Sampai-sampai mereka sembunyi di balik batu. Tetapi batu pun bahkan menunjukan posisi orang-orang Yahudi kepada pasukan Muslim. 

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْفَرْوِيُّ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُقَاتِلُونَ الْيَهُودَ حَتَّى يَخْتَبِيَ أَحَدُهُمْ وَرَاءَ الْحَجَرِ فَيَقُولُ يَا عَبْدَ اللَّهِ هَذَا يَهُودِيٌّ وَرَائِي فَاقْتُلْهُ

Telah bercerita kepada kami Ishaq bin Muhammad Al Farwiy, telah bercerita kepada kami Malik dari Nafi' dari 'Abdullah bin 'Umar radhiallahu'anhuma bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Kalian akan memerangi orang-orang Yahudi hingga seorang dari mereka akan bersembunyi di balik batu, lalu batu itu akan berkata, "Wahai 'Abdullah, ini Yahudi di belakangku bunuhlah dia". (HR. Bukhari 2925 Fathul Bari). Dalam redaksi lainnya:

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا جَرِيرٌ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ الْقَعْقَاعِ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تُقَاتِلُوا الْيَهُودَ حَتَّى يَقُولَ الْحَجَرُ وَرَاءَهُ الْيَهُودِيُّ يَا مُسْلِمُ هَذَا يَهُودِيٌّ وَرَائِي فَاقْتُلْهُ

Artinya: Telah bercerita kepada kami Ishaq bin Ibrahim, telah mengabarkan kepada kami Jarir dari 'Umarah bin Al Qa'qa' dari Abu Zur'ah dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu dari Rasulullah ﷺ bersabda, "Tidak akan datang hari kiamat hingga kalian memerangi orang-orang Yahudi hingga batu yang di baliknya bersembunyi seorangYahudi akan berkata, "Wahai Muslim, ini Yahudi di belakangku bunuhlah dia". (HR Bukhari 2926 Fathul Bari).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement