Selasa 14 Nov 2023 19:25 WIB

Jangan Salah! Jeruk Jaffa adalah Buah Asli Palestina, Bukan Milik Israel

Jeruk Jaffa Palestina bukan sekadar buah, melainkan simbol nasional Palestina.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Jeruk Jaffa, adalah satu produk dari Israel yang diboikot
Foto:

Saat ini, di pasar Barat, Jeruk Jaffa dianggap sebagai produk pertanian yang paling mewakili produksi pertanian Israel, setelah pendudukan berhasil mengeksploitasi ketenaran historisnya untuk kepentingan perekonomiannya saat ini.

Pencurian tersebut mencapai titik yang kurang ajar ketika pendudukan mulai menempelkan stiker kecil bertuliskan "Jaffa" pada setiap lemon yang diekspor. Pemerintah Israel meraup keuntungan besar dari penjualan jeruk ini setelah mengekspornya ke seluruh dunia.

Ekspor Jeruk Jaffa tersebut bisa dilakukan Israel terutama setelah mereka secara berturut-turut menguasai lebih banyak tanah Palestina. Namun, karena situasi politik yang memburuk dan kelangkaan air, jeruk perlahan-lahan mulai kehilangan nilainya, baik di pasar lokal maupun internasional.

Ekspor buah jeruk di Israel menurun dari satu juta ton per tahun menjadi 30 ribu ton. Apalagi ketika Eropa ikut bersaing dalam penjualan jeruk, masa keemasan Jeruk Jaffa yang merupakan buah asli Palestina ini berakhir.

Adapun Jeruk Jaffa yang ada sekarang diproduksi di Spanyol, setelah Israel menyewakan merek dagang "Jaffa" ke pasar jeruk Spanyol hanya untuk melestarikannya. Jeruk Spanyol itu mulai dijual di pasar Eropa, dengan meniru nama kota Jaffa di Palestina.

Sumber: Arabic Post

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement