Senin 13 Nov 2023 22:39 WIB

MUI Jabar: Fatwa Dukungan pada Palestina tidak Terikat Waktu

Umat Islam bisa mendukung perjuangan Palestina dengan donasi dan sholat ghaib.

Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat di Kota Bandung.
Foto:

Selain itu, MUI Jabar bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jabar juga berencana untuk melaksanakan kegiatan istighatsah serentak pada Jumat (17/11/2023). "Pada Jumat yang akan datang kita ingin ada istighatsah serentak sambil sholat ghaib tetapi tidak difokuskan di satu tempat. Kita instruksikan di setiap masjid di Jawa Barat," ujarnya.

Selain menyebut bahwa mendukung agresi Israel ke Palestina haram, Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Palestina juga menegaskan mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina atas agresi Israel hukumnya adalah wajib.

MUI juga mengimbau kepada umat Islam untuk mendukung perjuangan Palestina seperti menggelar gerakan penggalangan dana kemanusiaan, mendoakan untuk kemenangan Palestina, dan sholat ghaib untuk para korban di Palestina.

MUI juga mengimbau kepada umat Islam di Indonesia untuk semaksimal mungkin menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel serta yang mendukung penjajahan dan zionisme.

MUI mengimbau pemerintah mengambil langkah-langkah tegas membantu perjuangan Palestina, seperti melalui jalur diplomasi di PBB untuk menghentikan perang dan mendesak pemberian sanksi pada Israel, pengiriman bantuan kemanusiaan, dan konsolidasi negara-negara OKI untuk menekan Israel menghentikan agresi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement