Jumat 10 Nov 2023 12:23 WIB

12 Kekhususan Hari Jumat Dibandingkan Hari Lain

Di hari Jumat, api neraka tidak dinyalakan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim mendengarkan khotbah Sholat Jumat di Masjid Hijrah Bawah Jembatan Jalan Tol Buah Batu (BJTB),  Jalan Terusan Buah Batu-Jalan Raya Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023). Masjid tersebut didirikan oleh sejumlah pemuda yang diantaranya ialah mantan geng motor di Bandung sejak satu tahun terakhir. Selama Bulan Suci Ramadhan 1444 H, pengurus DKM Masjid Hijrah BJTB mengadakan berbagai kegiatan keagamaan seperti tadarus Alquran dan kajian islami.
Foto:

Ketujuh, datang lebih awal ke masjid untuk sholat Jumat. Kedelapan, mendengarkan khutbah Jumat.

Kesembilan, membaca surat Al Kahfi di hari Jumat. Sebab Nabi SAW bersabda:

"من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة سطَع له نورٌ من تحت قدمه إلى عَنانِ السماء يضيء به يوم القيامة، وغُفِر له ما بين الجمعتين".

"Siapa yang membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat, maka akan diterangi cahaya dari bawah kakinya hingga ke langit pada hari Kiamat, dan dosa-dosanya diampuni di antara dua Jumat." (HR. Abu Bakar bin Mardawaih)

Kesepuluh, hari Jumat adalah tuan dari semua hari atau sayyidul ayyam. Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Lubabah bin Abdul Mundzir, dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 "إنَّ يوم الجمعة سيِّد الأيام وأعظمها عند الله. وهو أعظم عند الله من يوم الأضحى ويوم الفطر ...الخ".

"Sungguh hari Jumat adalah tuan dari hari-hari yang lain (Sayyidul Ayyam) dan hari yang paling mulia di sisi Allah SWT. Dan hari Jumat adalah yang lebih mulia di sisi Allah daripada hari Adha (Idul Adha), dan hari Fitri (Idul Fitri)..." (HR. Ibnu Majah)

Kesebelas, bagi yang wajib menunaikan ibadah sholat Jumat, maka baginya tidak dianjurkan melakukan perjalanan sebelum mengerjakan sholat Jumat. Terdapat perbedaan pendapat atas hal ini di antara empat imam madzhab.

Keduabelas, di hari Jumat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement