Rabu 08 Nov 2023 19:55 WIB

21 Fakta Seputar Masjid Al Aqsa yang Dimuliakan dalam Islam

Masjid Al Aqsa kiblat pertama umat Islam

Seorang perempuan membaca Alquran dengan latar belakang Dome of Rock, kompleks Masjid Al Aqsa, Palestina.
Foto:

15. Masjid ini memiliki empat menara di sisi selatan, utara, dan barat. Awalnya hanya ada dua menara di bangunan ini. Menara pertama dikenal sebagai Al-Fakhariyyah dan menara kedua dikenal dengan nama Al-Ghawanimah. Namun, gubernur Mamluk di Suriah, Tankiz, pada 1329 memerintahkan pembangunan menara ketiga yang kemudian disebut menara Al-Silsilah, dan menara keempat yang disebut Al-Asbat.

16. Mengenai keutamaan masjid ini, Maimunah binti Sa’ad dalam hadis tentang berziarah ke Masjid Al-Aqsa menyebutkan: “Ya Nabi Allah, berikan fatwa kepadaku tentang Baitul Maqdis”. Nabi berkata, Tempat dikumpulkannya dan disebarkannya (manusia). Maka datangilah dia dan sholat di dalamnya. Karena sholat di dalamnya seperti shalat seribu rakaat di selainnya.” Maimunah berkata lagi", "Bagaimana jika aku tidak bisa?” Rasulullah menjawab, Maka berikanlah minyak untuk penerangannya. Barang siapa yang memberikannya maka seolah ia telah mendatanginya.”

17. Kepemilikan Masjid Al-Aqsa hingga kini masih merupakan salah satu isu dalam konflik Israel-Palestina. Israel mengklaim kekuasaan atas masjid tersebut dan juga seluruh Bukit Moria. 

18. Namun, Palestina memegang perwalian secara tak resmi melalui lembaga wakaf. Selama negosiasi di Pertemuan Camp David, Palestina meminta kepemilikan penuh masjid ini serta situs-situs suci Islam lainnya yang berada di Yerusalem Timur.

19. Namun, karena de facto kompleks Baitul Maqdis yang di dalamnya terdapat Masjid Al Aqsa  saat ini dikuasai Israel, izin masuk masjid hanya diberikan pada warga negara Israel yang Muslim. 

Baca juga: Baca Doa Ini Agar Allah SWT Satukan Kita dengan Orang Saleh dan Penghuni Surga

20. Pada waktu-waktu tertentu, Israel juga menetapkan pembatasan ketat akses masuk ke masjid bagi orang Yahudi, Muslim palestina yang tinggal di Tepi Barat atau jalur Gaza, atau pembatasan berdasarkan usia untuk warga Palestina dan warga negara Israel keturunan Arab.

 

21. Lebih dari itu, Isreal hanya memberi izin masuk untuk pria warga Palestina yang telah menikah dan setidaknya berusia 40 atau 50 tahun. Wanita Arab kadang-kadang juga dibatasi sehubungan dengan status perkawinan dan usia mereka. Alasan Israel memberlakukan pembatasan tersebut adalah karena pria Palestina yang berusia tua dan telah menikah cenderung ‘tidak menyebabkan masalah’.   

photo
Rahasia Masjid Al Aqsa - (Republika)
 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement