Selasa 07 Nov 2023 13:34 WIB

Sejarah Nuklir, Senjata Pemusnah yang Ingin Digunakan Israel untuk Hancurkan Gaza

Israel ingin mengebom Gaza dengan senjata nuklir.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Israel ingin mengebom Gaza dengan senjata nuklir. Foto:   Inti nuklir. Ilustrasi
Foto:

1 Desember 1959, uji coba nuklir dilarang di Antartika. Perjanjian Antartika terbuka untuk ditandatangani. Perjanjian ini menetapkan bahwa setiap ledakan nuklir di Antartika dan pembuangan bahan limbah radioaktif di sana harus dilarang.

13 Februari 1960, Prancis menguji senjata nuklir pertamanya. Prancis meledakkan bom atom pertamanya di gurun Sahara. Ini memiliki hasil 60-70 kiloton. Mereka kemudian memindahkan uji coba nuklirnya ke Pasifik Selatan. Hal ini berlanjut hingga tahun 1996.

30 Oktober 1961, uji coba bom terbesar yang pernah dilakukan. Uni Soviet meledakkan bom paling kuat yang pernah ada yakni senjata nuklir atmosfer berkekuatan 58 megaton, yang dijuluki “Tsar Bomba” di atas Novaya Zemlya di lepas pantai utara Rusia.

16-29 Oktober 1962, krisis Rudal Kuba terjadi. Kebuntuan yang menegangkan dimulai ketika Amerika Serikat menemukan rudal Uni Soviet di Kuba. Amerika Serikat memblokade Kuba selama 13 hari. Krisis ini membawa Amerika Serikat dan Uni Soviet ke ambang perang nuklir.

5 Agustus 1963, perjanjian larangan uji coba sebagian terbuka ditandatangani. Sebuah perjanjian yang melarang uji coba nuklir di atmosfer, luar angkasa dan di bawah air ditandatangani di Moskow. Hal ini terjadi setelah demonstrasi besar-besaran di Eropa dan Amerika yang menentang uji coba nuklir.

 

16 Oktober 1964, Tiongkok (China) melakukan uji coba nuklir pertamanya. Tiongkok meledakkan bom atom pertamanya di lokasi pengujian Lop Nor di Provinsi Xinjiang. Secara total, Tiongkok melakukan 23 uji atmosfer dan 22 uji bawah tanah di lokasi tersebut.

 

14 Februari 1967, Amerika Latin menjadi bebas nuklir. Sebuah perjanjian yang melarang senjata nuklir di Amerika Latin, Perjanjian Tlatelolco ditandatangani di Mexico City. Para pihak sepakat untuk tidak memproduksi, menguji atau memperoleh senjata nuklir.

 

1 Juli 1968, perjanjian Non-Proliferasi terbuka ditandatangani. Berdasarkan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir, negara-negara yang tidak memiliki senjata nuklir setuju untuk tidak pernah memperoleh senjata nuklir, dan negara-negara yang memiliki senjata nuklir membuat upaya hukum untuk melakukan pelucutan senjata.

 

18 Mei 1974, India melakukan uji coba nuklir pertama. India melakukan uji coba nuklir bawah tanah di Pokharan di gurun Rajasthen, dengan nama sandi “Smiling Buddha.”

 

22 September 1979, ledakan nuklir di Samudera Hindia. Ledakan uji coba nuklir terjadi di Samudra Hindia Selatan di lepas Tanjung Harapan. Diperkirakan hal ini dilakukan oleh Afrika Selatan dengan bantuan Israel.

 

12 Juni 1982, satu juta orang melakukan unjuk rasa untuk perlucutan senjata. Satu juta orang berkumpul di Central Park Kota New York, Amerika. Mereka mendukung gerakan pembekuan nuklir. Ini adalah demonstrasi anti-perang terbesar dalam sejarah.

10 Juli 1985, Kapal Rainbow Warrior hancur. Kapal Greenpeace Rainbow Warrior dihancurkan di Selandia Baru dalam perjalanan ke Murorua Atoll untuk memprotes uji coba nuklir Prancis. Selandia Baru kemudian memberlakukan undang-undang bebas nuklir.

 

6 Agustus 1985, Pasifik Selatan menjadi bebas nuklir. Perjanjian Zona Bebas Nuklir Pasifik Selatan ditandatangani di Rarotonga di Kepulauan Cook. Perjanjian tersebut melarang pembuatan, penempatan atau pengujian senjata nuklir di wilayah tersebut.

 

10 Desember 1985, Dokter anti-nuklir memenangkan Nobel. Dokter Internasional untuk Pencegahan Perang Nuklir menerima Hadiah Nobel Perdamaian atas upayanya menjembatani kesenjangan perang dingin dengan berfokus pada korban jiwa akibat perang nuklir.

 

30 September 1986, program nuklir Israel terungkap. The Sunday Times menerbitkan informasi yang diberikan oleh teknisi nuklir Israel Mordechai Vanunu, yang membuat para ahli menyimpulkan bahwa Israel mungkin memiliki hingga 200 senjata nuklir.

 

11-12 Oktober 1986, para pemimpin Amerika Serikat dan Uni Soviet membahas penghapusan. Presiden AS Ronald Reagan dan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev bertemu di Reykjavik, Islandia. Mereka secara serius membahas kemungkinan mencapai penghapusan nuklir.

 

8 Desember 1987, rudal jarak menengah dilarang. Uni Soviet dan Amerika Serikat menandatangani Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah untuk menghilangkan semua rudal berbasis darat yang dimiliki oleh kedua negara dengan jangkauan antara 300 dan 3.400 mil.

 

10 Juli 1991, Afrika Selatan bergabung dengan Perjanjian Non-Proliferasi. Afrika Selatan mengaksesi Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir. Pemerintah mengklaim telah membuat enam senjata nuklir dan telah membongkar semuanya.

 

15 Desember 1995, Asia Tenggara menjadi bebas nuklir. Negara-negara Asia Tenggara menciptakan zona bebas senjata nuklir yang membentang dari Burma di barat, Filipina di timur, Laos dan Vietnam di utara, dan Indonesia di selatan.

 

11 April 1996, Afrika menjadi zona bebas nuklir. Pejabat dari 43 negara Afrika menandatangani Perjanjian Pelindaba di Mesir yang menetapkan zona bebas senjata nuklir di Afrika dan berjanji untuk tidak membuat, menguji, atau menimbun senjata nuklir.

 

1 Juni 1996, Ukraina menjadi negara bebas nuklir. Ukraina menjadi negara bebas senjata nuklir setelah mentransfer hulu ledak nuklir terakhir Uni Soviet ke Rusia untuk dimusnahkan. Presidennya menyerukan negara-negara lain untuk mengikuti jejaknya.

 

8 Juli 1996, peraturan International Court of Justice (ICJ) tentang Senjata Nuklir. Mahkamah Internasional mengeluarkan pendapat penasehat yang menyatakan bahwa ancaman atau penggunaan senjata nuklir secara umum bertentangan dengan hukum internasional, namun pengadilan tidak dapat menyimpulkan apakah penggunaan senjata nuklir sah atau melanggar hukum dalam kasus tersebut. dari “keadaan ekstrem untuk membela diri, dimana kelangsungan hidup suatu negara akan dipertaruhkan.

 

24 September 1996, larangan uji coba nuklir total terbuka untuk ditandatangani. Perjanjian Larangan Uji Coba Komprehensif terbuka ditandatangani di PBB. Tiongkok (China), Prancis, Inggris, Rusia, dan Amerika Serikat semuanya menandatangani perjanjian tersebut. India menyatakan tidak akan menandatangani perjanjian tersebut.

 

27 November 1996, Belarus menghapus rudal nuklir terakhirnya. Belarusia menyerahkan rudal nuklir terakhirnya ke Rusia untuk dimusnahkan. Negara ini bergabung dengan Ukraina dan Kazakhstan sebagai negara bekas republik Soviet yang telah menyerahkan semua senjata nuklirnya.

 

Mei 1998, India dan Pakistan melakukan uji coba nuklir. India melakukan tiga uji coba nuklir bawah tanah, yang pertama dalam 24 tahun. Salah satunya adalah senjata termonuklir. Kemudian pada bulan Mei, Pakistan menguji enam senjata nuklir sebagai tanggapan atas uji coba India.

 

9 Oktober 2006, Korea Utara melakukan uji coba nuklir. Pemerintah Korea Utara mengumumkan bahwa mereka telah berhasil melakukan uji coba nuklir.

Fuji E Permana

 

Sumber: https://www.icanw.org/nuclear_weapons_history

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement