Selasa 07 Nov 2023 10:44 WIB

Di Alam Kubur, Amal Saleh Ajarkan Mukmin Menjawab Pertanyaan Munkar dan Nakir 

Maka orang mukmin itu mendapatkan kenikmatan kubur hingga hari kiamat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Hari Kiamat (Ilustrasi)
Hari Kiamat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Telah dijelaskan sebelumnya bahwa orang-orang alim diperlakukan istimewa oleh para malaikat ketika di alam barzah. Orang alim atau para ulama dengan sangat mudah menjawab pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir.

Setelah itu, mereka pun mendapat nikmat kubur, seperti dibukakan hijab melihat keindahan surga yang akan di tempatinya, diterangi cahaya dalam kuburnya, dihamparkan alas sutra dan wewangian, serta datang padanya amal dalam bentuk orang yang paling dicintainya yang akan menemaninya hingga kiamat. 

Baca Juga

Lalu bagaimana dengan keadaan orang mukmin yang tidak termasuk ahli ilmu (bukan ulama) tetapi dia senang beribadah atau ahli ibadah sehingga memiliki banyak amal kebaikan? 

Orang mukmin yang ahli ibadah sehingga memiliki banyak amal saleh juga akan merasakan nikmatnya alam barzah. Meski kedudukannya tidak setinggi ahli ilmu (para ulama) namun dia tetap akan merasakan kenikmatan di alam kubur. Kelak setelah di masukan ke dalam kubur, seorang mukmin akan didatangi oleh malaikat Ruman. Tentang malaikat Ruman telah dijelaskan pada tulisan sebelum-sebelumnya. Secara ringkas Malaikat Ruman datang menemui ahli kubur dan meminta ahli kubur menuliskan setiap amal yang pernah dilakukannya di dunia.

 

Setelah malaikat itu pergi, datanglah amal saleh dari ahli kubur tersebut dalam rupa yang sangat baik. Amal baik itu lalu menenangkan mukmin tersebut. Dan memberi tahu bahwa sebentar lagi akan datang malaikat Munkar dan Nakir yang akan menanyainya. Lalu amal saleh itupun mengajarkan pada mukmin itu setiap jawaban dari pertanyaan yang akan diajukan oleh Malaikat Munkar dan Nakir. 

في المنزلة المؤمن العامل الخير ليس معه حظ من العلم ، ولا من أسرار الملكوت ، يلج عليه عمله عقيب رومان في أحسن صورة ، طيب الريح ، حسن الثياب ، فيقول له: أما تعرفني ؟ فيقول: من أنت الذي من الله علي بك في غربتي ؟ فيقول: أنا عملك الصالح ، لا تحزن ولا توجل ، فعما قليل يلج عليك منكر ونكير . فيسألانك فلا تدهش ، ثم يلقنه حجته ،

Artinya: Dalam kedudukan orang mukmin yang memiliki amal baik tapi tidak termasuk dari ahli ilmu (ulama) dan tidak mengetahui rahasia alam malakut, datang kepada mukmin itu amalnya setelah kedatangan malaikat Ruman. Amal itu datang dalam sebaik-baiknya rupa, dan baik wanginya dan bagus pakaiannya. Maka amal itu bertanya mukmin itu: Apakah engkau mengenalku? Mukmin itu menjawab: Siapa engkau yang telah dianugerahkan Allah padaku dalam keterasinganku?  Amal itu menjawab: Aku adalah amal salehmu. Jangan sedih dan jangan takut. Karena sebentar lagi datang kepadamu itu Malaikat Munkar dan Nakir. Mereka akan bertanya kepadamu, karena itu janganlah engkau terkejut bingung. Kemudian amal itu mengajari mukmin itu hujjahnya (jawaban ketika ditanya malaikat Munkar dan Nakir). (Lihat kitab at Tadzkirah karya Imam Qurthubi penerbit Maktabah Darul Minhaj halaman 355).

Setelah itu, Malaikat Munkar dan Nakir pun datang. Mereka menanyai mukmin itu dengan sederet pertanyaan. Tetapi dengan mudah, mukmin itu menjawabnya tanpa sedikitpun ragu dan salah. Maka malaikat pun membenarkan setiap jawaban mukmin itu. 

 ويقولان: من ربك ؟ نسق الأول ، فيقول: الله ربي ومحمد نبيي ، والقرآن إمامي ، والكعبة قبلتي ، وإبراهيم أبي ، وملته ملتي ، غير مستعجم ، فيقولان له:صدقت. 

Dan dua malaikat itu bertanya: Siapa Tuhanmu? pertanyaan pertama dan seterusnya. Maka mukmin itu menjawab: Allah adalah Tuhanku dan Muhammad adalah nabiku, dan Alquran adalah imamku, dan Ka'bah adalah kiblatku, dan Ibrahim adalah bapak aku dan agamanya adalah agamaku, dia menjawab tanpa ragu-ragu. Maka dia malaikat itupun berkata: kamu benar. (At Tadzkirah, 355).

Maka orang mukmin itu mendapatkan kenikmatan kubur hingga hari kiamat. Allah ta'ala melapangkan dan menerangi kuburnya. Dan menampakkan tempat tinggalnya di surga. Bagi mukmin di alam kuburnya ibarat tidurnya pengantin, maksudnya dari sejak meninggal hingga kiamat datang terasa sangat singkat karena begitu banyak nikmat barzah yang telah dirasakan. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement