Senin 06 Nov 2023 17:06 WIB

Tiga Cara Mengalahkan Setan Menurut Imam Al Ghazali

Imam Al Ghazali menjelaskan ada dua cara untuk mengenali tipu daya setan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Tiga Cara Mengalahkan Setan Menurut Imam Al Ghazali
Foto: Republika.co.id
Tiga Cara Mengalahkan Setan Menurut Imam Al Ghazali

REPUBLIKA.CO.ID, JaKARTA -- Dalam kitab Minhajul Abidin yang ditulis Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali atau yang dikenal Imam Al-Ghazali dijelaskan bahwa para ulama memberi tahu tiga cara untuk mengalahkan setan. 

Di dalam kitabnya, Imam Al-Ghazali mengatakan Allah memerintahkan kita untuk memerangi setan dan menyiapkan diri sepenuhnya untuk menghadapi peperangan melawan setan. Para ulama memberi nasihat, diperlukan tiga cara untuk bisa mengalahkan setan.

Baca Juga

Pertama, mengenal, mempelajari perangkap, dan tipu daya setan. Jika setan tahu bahwa kamu telah menguasai perangkap dan tipu daya setan, maka setan tidak berani mendekati kamu. Ini ibarat seorang pencuri, yang segera lari menghindar karena si pencuri merasa pemilik rumah bangun dan mengetahui keberadaannya.

Kedua, jangan pernah menanggapi ajakan setan, termasuk dengan menunjukkan minat dan coba mengikuti langkahnya. Sebab ajakan setan itu bagaikan anjing yang menggonggong, jika kamu mendatanginya, maka anjing itu akan menyerang dan menggigit kamu. Akan tetapi, jika kamu menghindarinya, maka lama-lama anjing tersebut akan diam.

 

Ketiga, terus-menerus berzikir...

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement