Ahad 05 Nov 2023 17:25 WIB

8 Alasan Mengapa Umat Muslim Membela Palestina

Al Quds Palestina adalah amanah Nabi Muhammad SAW.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang pengunjuk rasa berpose dengan bendera Palestina di air mancur Neptunus saat aksi solidaritas Palestina, di Berlin, Jerman,  Ahad (5/11/2023).
Foto:

Ketiga, begitu banyak ayat-ayat Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW tentang status, kesucian, keutamaan, dan keberkahan Palestina. Salah satunya ialah hadits yang diriwayatkan dari Zaid bin Tsabit RA. Nabi Muhammad SAW bersabda:

يَا طُوبَى لِلشَّامِ يَا طُوبَى لِلشَّامِ يَا طُوبَى لِلشَّامِ ، قَالُوا يَا رَسُولَ وَبِمَ ذَلِكَ قَالَ : تِلكَ مَلاَئِكَةُ اللهِ بَاسِطُوا أَجْنِحَتَهَا عَلَى الشَّامِ

"Sungguh beruntung negeri Syam, sungguh beruntung negeri Syam, sungguh beruntung negeri Syam." Lalu para sahabat bertanya, "Memang ada apa dengan Syam?" Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Malaikat-malaikat Allah membentangkan sayapnya di atas negeri Syam." (HR Tirmidzi dan Ahmad).

Keempat, karena Palestina adalah ukuran kebaikan umat Nabi Muhammad SAW. Beliau SAW bersabda:

إذا فسدَ أَهْلُ الشَّامِ فلا خيرَ فيكم : لا تَزالُ طائفةٌ من أمَّتي منصورينَ لا يضرُّهم من خذلَهُم حتَّى تقومَ السَّاعةُ

"Jika penduduk Syam telah rusak, maka tidak ada kebaikan pada kalian. (Karena itu), akan selalu ada dari kalangan umatku kelompok yang mendapatkan pertolongan. Sampai hari kiamat tiba, orang-orang ini tidak akan dirugikan oleh orang-orang yang telah meninggalkan mereka." (HR Tirmidzi).

Kelima, Al Quds Palestina adalah ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement