Jumat 03 Nov 2023 16:32 WIB

Menurut Imam Al Ghazali, Orang Serakah Terhadap Dunia adalah Racun

Manusia diingatkan agar tak serakah terhadap dunia.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi tamak/serakah/rakus
Foto: Pixabay
Ilustrasi tamak/serakah/rakus

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Imam Al Ghazali bernama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Al Ghazali Ath Thusi An Naysaburi Al Faqih Ash Shufi Asy Syafi'i Al Asy'ari.

Di dalam kitab Bidayat al Hidayah, Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa orang yang tamak dunia atau serakah terhadap dunia adalah racun yang dapat membunuh. Untuk itu, Imam Al Ghazali menyarankan agar jangan bersahabat dengan orang yang serakah terhadap dunia.

Baca Juga

Dijelaskan Imam Al Ghazali bahwa dalam memilih sahabat hendaknya perhatikan syarat-syarat bersahabat. Maka jangan bersahabat kecuali dengan orang yang laiak untuk dijadikan sahabat. 

Rasulullah SAW bersabda, "Seseorang itu mengikuti agama (cara hidup) sahabatnya. Oleh karena itu hendaklah seseorang kamu lihat terlebih dahulu siapakah yang patut dijadikan sahabat." (HR Abu Daud, Tirmidzi dan Baihaqi).

 

Jika ingin mencari sahabat yang bisa tolong menolong dalam menuntut ilmu, urusan agama dan dunia. Maka perhatikan lima syarat ini.

Pertama, orang yang berakal. Sebab tidak ada kebaikan bersahabat dengan orang yang bodoh, karena akibatnya akan membawa pada permusuhan dan menyakiti hati.

Kedua, orang yang baik akhlaknya. Maka jangan bersahabat dengan orang yang jahat. Yaitu orang yang tidak dapat mengontrol dirinya ketika marah dan tidak dapat mengontrol dirinya ketika dirangsang nafsu syahwatnya.

Ketiga, orang yang shaleh. Maka jangan bersahabat dengan orang yang fasik. Yakni orang yang selalu mengerjakan dosa besar. Orang fasik adalah orang yang tidak takut pada Allah SWT, sehingga ia tidak dapat dipercaya sepenuhnya. Bahkan pendiriannya tidak tetap, selalu berubah-ubah mengikuti keadaan dan tekanan.

Keempat, jangan bersahabat dengan orang yang tamak dunia. Orang yang tamak dunia adalah racun yang dapat membunuh. Jika sering duduk bersama orang yang tamak dunia akan membuat kita semakin bertambah tamak pada dunia. Sebaliknya, sering duduk bersama orang yang zuhud akan menambah zuhud kita.

Kelima, orang yang benar. Maka jangan bersahabat dengan pendusta. Kemungkinan besar ia akan menipu kita.

Imam Al Ghazali mengatakan, inilah lima syarat yang perlu dicari dalam memilih sahabat. Barangkali akan sulit menemukan orang yang memenuhi lima syarat ini walaupun mereka mengaji dan duduk di masjid.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement