Kamis 02 Nov 2023 09:13 WIB

Sikap Nabi Muhammad Terhadap Yahudi yang Licik dan Selalu Melanggar Perjanjian

Kaum Yahudi selalu mengganggu kehidupan orang-orang Muslim.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto:

Salah satu contohnya adalah yang mereka lakukan terhadap suku Aus dan Khazraj (suku asli Madinah). Dahulu sebelum datangnya Islam ke Madinah, kedua suku ini selalu berselisih dan berperang.

Tentu saja perselisihan dan peperangan ini dilatarbelakangi oleh kaum Yahudi yang mengambil keuntungan dari pertikaian tersebut. Setelah Islam datang ke Madinah, kedua suku itu berhasil dipersatukan dalam naungan Islam.

Tetapi, Yahudi tidak tinggal diam. Oleh karena itu, untuk menghancurkan Islam, kaum Yahudi kembali mengungkit fanatisme kesukuan dan perselisihan yang pernah terjadi antara suku Aus dan Khazraj. Namun, usaha ini diketahui oleh nabi Muhammad SAW dan kaum Muslimin yang lain sehingga pertempuran antara kedua suku tersebut dapat dihindari.

Dalam melanggar perjanjian, kaum Yahudi dari Bani Qainuqa adalah yang pertama kali berani melakukannya dibanding dengan dua suku Yahudi yang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka adalah para perajin perhiasan, pandai besi, pembuat perkakas rumah tangga, senjata dan perlengkapan perang. Kesombongan dan keangkuhan mereka semakin menjadi-jadi bahkan mereka menantang untuk berperang, terlebih lagi membunuh seorang pengikut nabi Muhammad SAW tanpa alasan yang jelas.

Pembunuhan seorang Muslim tersebut membuat kemarahan nabi Muhammad SAW dan kaum Muslimin yang lain. Karenanya, pasukan Muslimin mendatangi benteng Bani Qainuqa dan menyerang mereka.

Namun, pertempuran besar tidak terjadi ketika itu karena Bani Qainuqa menyerah sebelum berperang. Sebagai hukumannya, Bani Qainuqa diusir ke luar Madinah sejauh-jauhnya. Kemudian, mereka memutuskan untuk pergi dan tinggal ke perbatasan Syam.

Begitu juga yang dilakukan oleh Bani Nadhir dari kalangan Yahudi. Mereka mengikuti jejak Bani Qainuqa dalam menentang Islam dan pengikutnya.

Sumber: Rahasia Bisnis Yahudi dalam Menggenggam Dunia, yang ditulis Anton Ramadhan dan diterbitkan Shahara Digital Publishing

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement