Selasa 31 Oct 2023 11:04 WIB

Zaid bin Tsabit, Pemuda Jago Bahasa Asing yang Jadi Penerjemah Rasulullah

Zaid bin Tsabit memang terkenal sebagai pemuda yang cerdas dan memiliki keistimewaan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto:

"Al A'masy mengatakan, pernah datang surat-surat kepada Zaid bin Tsabit. Tapi ia tidak tertarik membacanya, kecuali yang ia percaya saja (ia sangat selektif). Dari sinilah ia dikenal dengan panggilan 'Penerjemah Rasul'. Sejak dimulainya dakwah Islam selama lebih kurang 20 tahun sejak wahyu pertama turun, terdapat sekelompok sahabat yang mampu menghafal dengan kemampuan luar biasa. Ada yang mempu menghafal semua yang tertulis, ada pula yang menghafal semua ayat yang tersusun. Di antara mereka adalah Ali bin Abi Thalib, Ubay bin Ka'ab, Abdullah bin Mas'ud, Abdullah bin Abbas, dan Zaid bin Tsabit," (Lihat buku berjudul Ibrah Kehidupan, penulis Mahsun Djayadi, penerbit UM Surabaya Publishing, halaman 117).

Setelah Alquran diturunkan secara sempurna, Rasulullah SAW membacakannya kepada para sahabat dengan berurutan sebagaimana susunan surat dan ayat yang kita ketahui sekarang. Zaid bin Tsabit pernah menyetorkan hafalannya kepada Rasulullah SAW pada tahun wafat beliau.

Di tahun itu, Zaid bin Tsabit menyetorkan hafalannya sebanyak dua kali. Dan qiro-at tersebut dinamakan qiro-at Zaid bin Tsabit. Karena dia pula yang menulis dan mengajukannya kepada nabi agar dikoreksi. Dan teks tersebut beliau bacakan kepada orang-orang (para sahabat) sehingga beliau wafat.

Zaid bin Tsabit memang terkenal sebagai pemuda yang cerdas dan memiliki keistimewaan di berbagai bidang. Ia seorang penghafal Alquran, juru tulis nabi yang menulis wahyu yang turun kepada Rasulullah. Ia memiliki kualitas ilmu dan hikmah yang mendalam.

Bahkan ia dipilih sebagai ketua tim pembukuan Alquran di zaman Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq dan di zaman Khalifah Utsman bin Affan. Amanah yang besar itu tentu menunjukkan sebesar apa kapasitas dan kedudukan beliau dalam Islam dan sejarah umat Islam.

photo
Infografis Tiga Kepribadian Nabi Muhammad yang Penyayang - (Republika.co.id)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement