Selasa 31 Oct 2023 07:52 WIB

Seperti Apa Muslim yang Paling Cerdas? Ini Jawaban Nabi Muhammad

Nabi Muhammad pernah ditanya terkait muslim seperti apa yang paling cerdas.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

يَوْمَ يَرَوْنَ الْمَلٰۤىِٕكَةَ لَا بُشْرٰى يَوْمَىِٕذٍ لِّلْمُجْرِمِيْنَ وَيَقُوْلُوْنَ حِجْرًا مَّحْجُوْرًا

"(Ingatlah) pada hari (ketika itu) mereka melihat para Malaikat, di mana pada hari itu tidak ada kabar gembira bagi orang-orang yang berdosa dan mereka berkata: "Hijran mahjura (semoga Allah menghindarkan bahaya ini dariku)" (QS. Al-Furqan ayat 22)

Imam Ibnu Katsir رحمه الله berkata:

"Hari ketika mereka bisa melihat para Malaikat itu adalah hari di saat mereka sedang berhadapan dengan sakaratul maut. Ketika para Malaikat memberikan kabar buruknya kepada mereka berupa siksaan Neraka dan betapa murkanya Allah kepada mereka" (Al-Mishbahul Munir Fii Tahdziib Tafsiir Ibnu Katsiir hal 844)

تَتَجَلَّى لِلْمُؤْمِنِينَ وَلِلْكَافِرِينَ، فَتُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ بِالرَّحْمَةِ وَالرِّضْوَانِ، وَتُخْبِرُ الْكَافِرِينَ بِالْخَيْبَةِ وَالْخُسْرَانِ، فَلَا بُشْرَى يَوْمئِذٍ لِلْمُجْرِمِينَ

"Mereka (malaikat) menampakkan diri kepada orang-orang mukmin dan orang-orang kafir. Lalu mereka memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin berupa rahmat dan ridha (Allah). Dan mereka memberitakan kepada orang-orang kafir dengan kecelakaan serta kerugian. Tidak ada kabar gembira bagi orang yang berbuat dosa pada hari itu" (Kitab Tafsir Ibnu Katsir VI/101-102)

Syaikh Shalih Fauzan حفظه الله berkata:

و الناسُ لا يرونَ الملائكةَ إلاّ عند العذاب - والعياذُ بالله - و كذلك عند الموت تَظْهَرُ الملائكةُ وَ يراهمُ المحتَضِرُ

"Manusia tidak dapat melihat malaikat, kecuali ketika diazab wal 'iyaadzubillah. Demikian pula ketika ia akan meninggal, maka malaikat pun datang dan orang yang akan meninggal dapat melihatnya" (Kitab Al-Minhatu ar-Rabbaaniyyah hal 86)

photo
Infografis Tujuh Golongan yang Selamat Saat Hari Kiamat - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement