Senin 30 Oct 2023 17:02 WIB

Kisah Kehidupan Saad Judallah, Ibu para Syuhada Palestina

Saad Judallah selalu menganjurkan kepada para pejuang untuk senantiasa berdoa.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Warga Yaman mengibarkan bendera Palestina dan menunjukan Al quran saat unjuk rasa anti-Israel  di Sanaa, Yaman, (4/7/2023)
Foto:

Perkataan ibunya tersebut memberikan semangat yang luar biasa pada diri Ahmad. Ahmad merupakan seorang pejuang yang berani dan cerdik. Ia berhasil membunuh dua orang zionis di dalam gedung Alul dan Abu Shalihah yang berada di tengah kota Nablas pada 30 September 2002.

Disamping membunuh dua orang tentara zionis tersebut, Ahmad juga bisa membunuh orang-orang yang membantu tentara zionis waktu itu. Ia bahkan pernah membunuh tujuh orang zionis, dan berhasil pula melukai puluhan zionis-zionis lainnya.

Saad Judallah berkata setelah kematian anaknya itu, "Ahmad sekarang dalam keadaan bahagia sekali di akhirat, sehingga ia tidak sempat mengunjungiku dalam mimpi.”

Saad Judallah tidak mengetahui perpisahannya dengan Ahmad tidaklah lama. Setelah sekitar tiga bulan lamanya, Saad Judallah bersama dengan anaknya yang bernama Abdullah dan seorang syahid yang bernama al Oasami (teman Ahmad), berusaha ingin mengetahui kekuatan penjajah yang sedang berada di pintu masuk kota Nablas bagian barat, sekelompok penjajah melepaskan tembakan ke arah mereka. Saad Judallah wafat dalam kejadian itu, sedang anaknya terluka dan tertangkap oleh penjajah yakni zionis Yahudi Israel.

Syaikh Mahir al Kharas selalu mengenang jasa Saad Judallah, kepahlawan dan berbagai macam pengorbanan lainnya terhadap Tanah Air Palestina. Ia menjulukinya sebagai bintang kejora rakyat Palestina dan titisan para pejuang-pejuang sahabat Nabi dari kalangan wanita semisal Nasibah binti Ka'ab al Mazniah.

Dikisahkan dalam buku Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah yang ditulis Syaikh Muhammad Sa'id Mursi dan diterjemahkan Khoirul Amru Harahap dan Achmad Faozan serta diterbitkan ulang Pustaka Al-Kautsar, 2007.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement