Sabtu 28 Oct 2023 15:01 WIB

Surat Seruan Dakwah Nabi Muhammad kepada Raja-Raja

Nabi Muhammad mengajak para raja memeluk Islam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto:

d) Raja Heraklius, penguasa Romawi. 

Untuk membawa surat ini, Rasulullah ﷺ mengutus Dihyah bin Kholifah al-Kalby. Ketika itu Heraklius memanggil Abu Sufyan yang saat itu sedang membawa kafilah dagangnya di Syam, dan terjadilah dialog panjang antar keduanya tentang jati diri Rasulullah ﷺ dan ajaran yang dibawa.  

Dari dialog tersebut tampak bahwa Rasulullah ﷺ dan ajarannya adalah sebagaimana yang telah diketahui orang orang Ahli Kitab lewat ramalan ramalan yang termaktub dalam kitab-kitab mereka.  

Bahkan dari dialog tersebut pengaruhnya dirasakan oleh Abu Sufyan, sehingga mengantarkannya untuk masuk Islam suatu saat.  

Akibat dari surat Rasulullah ﷺ, raja Heraklius memberikan kepada Dihyah sejumlah uang dan kain sebagai hadiah kepada Rasulullah ﷺ.  

Demikian seterusnya Rasulullah ﷺ mengirim utusannya untuk membawa suratnya kepada raja-raja lainnya, sebagai bentuk dakwah Rasulullah ﷺ kepada mereka. Di antara mereka ada yang masuk Islam dan ada yang tetap kafir. Akan tetapi yang terpenting adalah bahwa orang-orang kafir telah mengenal Rasulullah ﷺ dan dakwah beliau telah sampai kepada mereka. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement