Sabtu 28 Oct 2023 15:01 WIB

Surat Seruan Dakwah Nabi Muhammad kepada Raja-Raja

Nabi Muhammad mengajak para raja memeluk Islam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto:

b) Raja Muqauqis, penguasa Mesir.  

Untuk membawa surat ini Rasulullah ﷺ memilih Hathib bin Abi Baltha'ah. Dalam surat tersebut Rasulullah ﷺ mendakwahkan Islam kepadanya, seraya beliau mengutip firman Allah Ta'ala :  

قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ

“Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalunat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kata sembah secuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)". (QS. Ali Imron ayat 64)  

Raja Muqauqis menerima utusan Rasulullah ﷺ dengan baik, bahkan terjadi dialog di antara keduanya. Akhirnya beliau membalas surat Rasulullah ﷺ dan mengirim hadiah berupa keledai dan dua budak wanita: Mariah dan Siirin. Namun demikian beliau tidak menyatakan masuk Islam.  

Mariah diambil Rasulullah ﷺ sebagai budak (dan digaulinya), darinya lahir seorang anak bernama Ibrahim.  

c) Raja Kisra, penguasa Persia.  

Untuk menunaikan tugas ini, Rasulullah ﷺ mengutus Abdullah bin Huzafah as-Sahmi. Setibanya surat tersebut di tangan Raja Kisra dan dibacanya, dengan penuh kesombongan langsung dirobeknya sebagai tanda penolakan terhadap seruan Rasulullah ﷺ. Ketika hal tersebut disampaikan kepada Rasulullah ﷺ, beliau berdoa : “Semoga Allah robek (hancurkan) kerajaannya”.  

Benar saja, tidak berapa lama kemudian terjadi kudeta yang dilakukan oleh anaknya sendiri, Syirowaih bin Kisra yang membunuh bapaknya dan kemudian dia duduk di singgasana raja. 

 

Lihat halaman berikutnya >>> 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement