Kamis 26 Oct 2023 11:44 WIB

Beda Perlakuan Salahuddin Al Ayyubi dan Pasukan Salib Ketika Menaklukkan Yerusalem

Salahuddin Al Ayyubi berjasa mengembalikan Yerusalem ke pangkuan Islam.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga berjalan di gang dekat rumah keluarga Sub-Laban di kawasan Muslim Kota Tua Yerusalem, Senin (12/6/2023).
Foto:

Di bawah kendali Gubernur Mosul yang bernama Zengi, Aleppo berhasil direbut. Setelah itu, Edessa ditundukkan pada 1144. Zengi sendiri meninggal dunia dua tahun kemudian dan digantikan oleh Nur Al Din.

Kedua, proses perebutan kembali Yerusalem dari tangan pasukan Salib. Target Nur Al Din adalah menaklukkan Damaskus karena dipandang dapat menjadi pembuka jalan untuk merebut Yerusalem.

Pada 1147, ia membantu penduduk setempat dari kepungan pasukan Salib pada pertempuran Perang Salib jilid II. Akhirnya, pada 1154 sebuah pemberontakan lokal memaksa para gubernur Saljuk dan masyarakat umum kota tersebut menyerahkan Damaskus kepada Nur Al Din. Nur Al Din berhasil membangkitkan kembali semangat antipasukan Salib setelah Damaskus ia kuasai.

Pada periode ini terjadi beberapa kali perang salib antara pasukan Nur Al Din dan pasukan salib Eropa, tetapi belum mampu menguasai kembali Yerusalem. Ketika Nur Al Din berhasil mengambil alih kekuasaan Mesir dari Dinasti Fatimiyyah melalui tangan Salahuddin Al Ayyubi, Mesir dan Suriah bersatu di bawah sebuah kekuasaan. Kondisi ini tentu semakin membuka kesempatan dan membentangkan jalan kepada kaum Muslim guna menaklukkan Yerusalem.

Ketiga, penyatuan Mesopotamia dan Mesir menandai fase ini. Dari Mesir, Salahuddin kemudian berhasil merebut Damaskus pada 1174, lalu Aleppo pada 1183 dan Mosul tiga tahun kemudian.

Setelah semua daerah yang mengelilingi Palestina sudah benar-benar dapat disatukan, akhirnya pada 1187, Salahuddin berhasil mengalahkan pasukan Salib melalui perang Hittin. Inilah akhir pendudukan bangsa Latin di Yerusalem. Setelah itu, Salahuddin Al Ayyubi mendirikan Dinasti Ayyubiyah yang berpusat di Palestina.

Apa yang dilakukan Salahuddin Al Ayyubi...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement