Rabu 25 Oct 2023 10:17 WIB

Ayat Alquran Tentang Larangan Menggunjing Orang Lain

Bahkan menggunjing aib maksiat orang lain hukumnya dosa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Bergunjing Ibarat Memakan Daging Saudara Sendiri. Ilustrasi ghibah
Foto:

Di sebuah riwayat disebutkan, ada sebagian orang yang menggunjingkan sahabat Rasulullah Saw dari Persia, yaitu Salman al-Farisi. Mereka membicarakan kebiasaan unik Salman, yaitu tidur dan mendengkur setelah makan. Akibat dari perilaku sebagian orang yang senang menggunjingkan sahabat rasulullah saw tersebut, turunlah ayat 12 surat Al-Hujarat.

Ibnu Mas'ud pernah berkata, "Kami pernah berada di tempat Nabi Saw tiba-tiba ada seorang laki-laki berdiri meninggalkan majelis, kemudian seorang laki-laki lain menggunjingnya sesudah dia tidak ada, Nabi Saw pun berkata kepada laki-laki itu, 'Bersihkanlah gigimu!' Orang itu bertanya, Mengapa harus membersikan gigi, sedangkan saya tidak makan daging?' Maka, kata Nabi,” ‘Sesungguhnya engkau telah makan daging saudaramu." (HR. Thabrani).

Hukum menggunjing dalam Islam lebih berat dari perumpamaan memakan daging saudara sendiri. Orang yang gemar menggunjing dosanya lebih berat daripada tiga puluh orang pezina.

Dari Anas bin Malik Ra., Rasulullah Saw. bersabda, "Ketika saya dimirajkan, saya melewati suatu kaum yang memiliki kuku dari tembaga sedang mencakar wajah dan dada mereka. Saya bertanya, 'Siapakah mereka ini, wahai Jibril?' Jibril menjawab, Mereka adalah orang-orang yang memakan daging manusia (menggunjing) dan melecehkan kehormatan mereka." (HR. Abu Dawud).

Allah Swt. juga menerangkan hukuman bagi orang yang gemar menggunjing dalam firman-Nya: "Sesungguhnya, orang-orang yang ingin agar (berita) perbuatan yang amat keji itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka azab yang pedih di dunia dan akhirat. Dan, Allah mengetahui, sedang, kamu tidak mengetahui." (QS. An-Nuur ayat 19).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement