Rabu 25 Oct 2023 10:17 WIB

Ayat Alquran Tentang Larangan Menggunjing Orang Lain

Bahkan menggunjing aib maksiat orang lain hukumnya dosa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Bergunjing Ibarat Memakan Daging Saudara Sendiri. Ilustrasi ghibah
Foto:

Aib maksiat, khususnya yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi, terbagi menjadi dua. Yaitu, yang berhubungan dengan Allah Swt dan yang berhubungan dengan sesama manusia. Aib maksiat yang berhubungan dengan Allah Swt., seperti minum khamar, berzina, dan segala bentuk larangan-Nya yang lain.

Adapun aib maksiat yang berhubungan dengan sesama manusia adalah perbuatan tidak terpuji yang merugikan orang lain. Contohnya adalah korupsi, mempermalukan orang lain, dan beragam jenis perbuatan keji lainnya.

Ketika mengetahui orang lain melakukan aib maksiat atau menyandang aib khaliyah, kita tidak boleh membeberkan dengan tujuan merendahkannya. Misalnya, ketika ada tetangga baru di kompleks rumah Anda yang memiliki cacat fisik, kemudian Anda dan rekan-rekan Anda menggunjingkan kondisi fisik tetangga Anda tersebut, maka hal tersebut sama saja dengan membuka aibnya.

Meskipun faktanya tetangga Anda memang cacat secara fisik, membicarakan kecacatannya hanya akan mendatangkan laknat Allah Swt bagi Anda. Tidak berlebihan apabila mayoritas ulama menerangkan bahwa menyebarkan air khalqiyah, berarti menghina Allah swt sebagai seorang pencipta. Bahkan menggunjing aib maksiat orang lain hukumnya dosa.

Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak prasangka (menggunjing), sesungguhnya sebagian prasangka adalah dosa. Dan, jangalah mencari-cari keburukan orang lain dan janganlah menggunjing satu sama lain. Apakah ada di antara kamu yang senang memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentulah kamu merasa jijik. Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya, Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang" (QS. al-Hujuraat ayat 12).

Betapa menjijikkannya perbuatan menggunjing. Allah Swt. sampai mengibaratkan perbuatan menggunjing seperti memakan bangkai saudaranya sendiri. Firman Allah Swt. tersebut memang secara khusus diturunkan sebagai peringatan bagi orang yang senang menggunjing.

Di sebuah riwayat disebutkan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement