Selasa 24 Oct 2023 13:42 WIB

7 Faktor Mengapa Palestina Punya Keutamaan Besar dalam Islam

Palestina merupakan tempat para nabi berdakwah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Masjid al Aqsa.
Foto:

4. Tempat Turun Nabi Isa AS dan Terbunuhnya Dajjal

Salah satu tanda akhir zaman adalah turunnya Nabi Isa AS di Menara Putih, atau Al Manaroh Al Baydhoo. Nabi Isa AS kemudian membunuh Dajjal di pintu Ludd, di Palestina.

5. Para Sahabat Mengutamakan Palestina

Di zaman kekhalifahannya, Abu Bakar RA meski sibuk dengan masalah kemurtadan di Jazirah Arab memobilisasi tentara untuk melawan mereka, tetapi dia tetap mengirim pasukan yang sebelumnya diperintahkan oleh Nabi SAW untuk pergi ke Syam (termasuk Palestina). Padahal saat itu dia juga butuh seluruh kekuatan untuk mengembalikan stabilitas jazirah Arab.

Begitu pun Umar Al Faruq RA. Dia tidak pernah meninggalkan Madinah untuk merayakan penaklukan suatu negeri, kecuali Palestina. Ketika tanah Palestina berhasil ditaklukkan, dia pergi sendiri ke sana dan menaklukkannya lewat jalur perdamaian. Lalu dia sholat di sana dan menerima kunci untuk menyelamatkan umat Kristiani dan dari penindasan Romawi saat itu.

6. Penjelasan Mengapa Dinamai Yerusalem

Nama Yerusalem ada sebelum turunnya Alquran. Lalu ketika Alquran diturunkan, maka dinamai Masjid Al Aqsa. Disebut Al Maqdis karena kesucian yang melekat padanya.

7. Tanah Para Martir

 

Begitu banyak martir berjatuhan di Palestina. Ada sekitar 5.000 sahabat Nabi SAW yang menjadi martir di Palestina ketika mereka berjuang untuk menaklukkan Yerusalem dan membebaskannya dari penindasan Romawi. Dan para martir terus berjatuhan hingga hari ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement