Ahad 22 Oct 2023 08:00 WIB

4 Hal yang Membuat Rasulullah Menangis 

Rasulullah memperbanyak rasa takut kepada Allah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mengingat Allah.
Foto:

فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِن كُلِّ أُمَّةٍۭ بِشَهِيدٍ وَجِئْنَا بِكَ عَلَىٰ هَٰٓؤُلَآءِ شَهِيدًا

seketika, Rasulullah meneteskan air mata. 

2)Rasulullah menangis karena kehilangan orang-orang yang dicintainya

Putri Rasulullah SAW, Ummu Kultsum jatuh sakit. Ia merasakan kematiannya telah dekat dan ia tetap berada di tempat tidurnya. Ummu Kultsum tak pernah berhenti berzikir. Hingga pada pagi hari, Aisyah datang menemuinya. Ia mendapati Ummu Kultsum tengah berjuang di akhir hayatnya. Kabar itu pun disampaikan pada Rasulullah dan Utsman bin Affan.   

Saat Rasulullah tiba, putrinya itu berada pada saat-saat terakhirnya. Air mata Rasulullah menetes dari matanya. Ketika itu, Ummu Kultsum wafat.  

Asma bini Umais, Sofiyah binti Abdul Muthalib dan Ummu Atiyah Al Ansori dan Rasulullah SAW memandikan jasad Ummu Kultsum. Kemudian jasad Ummu Kultsum dibawa ke pemakaman Baqi dan dimakamkan di sana. Rasulullah ridho dengan takdir Allah. Ia berduka dengan kehilangan putrinya. Namun Rasulullah sabar. Peristiwanya itu terjadi pada Syaban tahun kesembilan Hijriah. 

Rasulullah juga menangis sampai orang-orang di sekitarnya pun ikut menangis ketika Rasulullah mengunjungi makam ibunya. Rasulullah juga menangis ketika putranya yakni Ibrahim meninggal. 

3)Rasulullah menangis karena sahabatnya syahid

Rasulullah bersedih ketika para sahabatnya syahid dalam pertempuran Uhud termasuk pamannya Hamzah bin Abdul Muthalib. Rasulullah menangis dan sangat sedih karena kehilangan mereka. 

Begitupun ketika orang-orang Yahudi dari bani Quraidzah melanggar perjanjian. Dalam peristiwa pengepungan bani Quraidzah selama dua puluh lima malam, sahabat Saad bin Muadz terluka. Kondisinya pun terus memburuk hingga kemudian oa wafat. Rasulullah dan para sahabat lainnya pun berduka.

Ibu Saad bin Muadz pun berduka atas kepergian putranya. Rasulullah kemudian berkata bahwa Allah memuliakan Saad, Allah memberikan derajat tinggi untuknya dan tujuh puluh ribu malaikat mengahdiri pemakamannya. 

 

Lihat halaman berikutnya >>> 

  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement