Kamis 19 Oct 2023 12:05 WIB

Daftar Harta Benda yang Ditinggalkan Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad meninggalkan sejumlah harta benda.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad
Foto: Dok Republika
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pusat Fatwa Elektronik Internasional Al-Azhar mengungkapkan beberapa harta benda Nabi Muhammad SAW. Harta benda ini memiliki nama yang dinamai langsung oleh Nabi SAW.

Beliau SAW mempunyai banyak harta benda dan beliau biasa memberi nama-nama yang indah pada harta benda tersebut. Adapun harta benda Nabi Muhammad SAW tersebut, pertama ialah sejumlah kuda. Salah satu kuda dinamai Al-Sakb, yang merupakan kuda pertama yang dimiliki beliau SAW.

Baca Juga

Dengan kuda tersebutlah Nabi SAW berperang pada hari Uhud. Diberi nama Al-Sakb karena kuda itu banyak berlari. Ulama menyepakati bahwa Rasulullah SAW memiliki tujuh kuda yang masing-masingnya memiliki nama. Selain Al Sakb, enam nama kuda Nabi, yaitu Mallah, Al-Murtajaz, Al-Lahaif, Al-Dzharb, Al-Ward, dan Al-Lazzaz.

Diberi nama Al-Murtajaz karena warna putihnya, sifatnya yang baik, dan Nabi SAW membelinya dari seorang Arab dari Bani Marra. Al-Lahaif, dinamai demikian karena ekor panjangnya yang sampai menutupi tanah. Kuda ini menyerupai gunung dan merupakan hadiah dari Farwa Bin Amr Al-Jadhami dan ada yang menyebut pemberian dari Abu Al-Baraa.

Adapun Al Lazzaz adalah kuda hadiah dari pemilik suci Alexandria, yaitu Al-Muqauqis yang merupakan penguasa Koptik Mesir. Sedangkan Al Dzharb adalah hadiah dari Farwa bin Amr Al-Jadhami, dan dinamai itu di antaranya karena kekokohan dan kekuatannya yang besar, dan Nabi menggunakannya dalam perang.

Rasulullah SAW bersabda, "Kuda terbaik adalah yang paling menderita, lecet, sakit, dan memiliki cedera. Jika kuda itu tidak bersikukuh, aku akan mati karenanya" (Shahih At-Tirmidzi, dari jalur Abu Qatadah).

Harta benda kedua yang dimiliki Nabi SAW, yaitu bagal. Nabi memiliki dua ekor bagal, yaitu Al-Duldal dan Fadda, dan seekor keledai bernama Yafour. Beliau tidak memiliki seekor unta pun kecuali Al-Qaswa.

Ketiga, Nabi SAW memiliki tujuh ekor domba. Salah satu domba bernama Manihah yang merupakan hewan ternak untuk diambil susunya. Nama-nama domba lainnya adalah Ajwa, Zamzam, Saqya, Baraka, Warsa, Athlal, dan Ataraf.

Keempat, Nabi Muhammad SAW memiliki harta benda berupa senjatanya yang paling terkenal. Salah satu yang terkenal adalah pedangnya, yang dinamai Dzulfaqar. Beliau juga memiliki beberapa pedang lainnya. Nama-nama pedang tersebut ialah al-Qal'i, al-Battar, al-Hatf, al-Mukhtham, Rasub, dan al-Adab.

Beliau memiliki dua pedang di Makkah, yang dia bawa ke Madinah, dan salah satunya dibawa ke Perang Badar, yaitu Pedang Al-Qadab. Kelima, Rasulullah SAW memiliki tiga tombak dan tiga busur. Tiga itu bernama Al Rowha, Al Baydha, dan Al Shafra.

Kelima, beliau SAW mempunyai baju besi. Ada beberapa baju besi. Nama-namanya adalah Al Fiddhah, Al Fudhul, Al Sa'diyah, Dzatulwisyah, dan Dzatulfudhul.

 

 

sumber : Masrawy
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement