Kamis 19 Oct 2023 11:21 WIB

Dajjal Lahir di Israel? Berikut Ciri-Ciri Dajjal

Dajjal akan menebar kepalsuan yang dianggap banyak orang sebagai kebenaran.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Dajjal
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ilustrasi Dajjal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini Israel membabi buta menyerang Gaza Palestina. Ratusan orang wafat akibat aksi biadab tersebut. 

Berdasarkan sejumlah sumber, Dajjal akan muncul dan menyebarluaskan kepalsuan untuk merusak akidah orang beriman. Berikut ini adalah ciri-ciri Dajjal.

Baca Juga

Apakah dia seorang manusia yang memiliki darah dan daging yang dilapisi oleh kulit, ataukah hanya sebuah simbol dan kiasan belaka, ketika keburukan, kemungkaran, dan segala macam fitnah telah merajalela di atas muka bumi ini.

Al-Albani dalam bukunya Kisah Dajjal dan Turunnya Nabi Isa untuk Membunuhnya menyebutkan para ahli ilmu dari kalangan ahli hadits dan sunnah percaya, bahwa Dajjal merupakan sosok makhluk yang sangat jelas keberadaannya dengan segala ciri-ciri yang disebutkan Rasulullah dalam hadits-haditsnya.

Sedangkan pendapat yang meyakini bahwa Dajjal hanyalah sebuah sebutan atau simbol adalah dari kaum Mu'tazilah dan khawarij.  Salah satunya yang paling terkenal adalah komentar Muhammad 'Abduh ketika ditanya tentang al-Masih ad-Dajjal dan terbunuhnya dia oleh Nabi Isa. 'Abduh menjawab, "Sesungguhnya Dajjal merupakan simbol bagi khufarat, kedustaan, dan keburukan-keburukan yang akan sirna dengan ditegakkannya syariat di hadapannya."

KH Rachmat Morado Sugiarto menyebutkan dalam bukunya “Fikih Akhir Zaman”, bahwa pada zaman Nabi Muhammad SAW, ada dua orang yang terindikasi sebagai Dajjal. Pertama adalah seorang anak kecil laki-laki dari keturunan Yahudi yang memiliki sifat-sifat Dajjal. Kedua, seorang laki-laki yang disebutkan dalam kisah perjalanan Tamim ad-Dari yang mengaku bertemu dengan Dajjal. Kisahnya ini terdapat dalam sebuah hadits yang terkenal dengan hadits al-jassasah. Orang kedua inilah yang diyakini sebagai sosok tunggal dari Dajjal yang akan menghadapi Nabi Isa as.

Berikut ciri-ciri Dajjal yang disebutkan dalam hadits-hadits Rasulullah:

Pertama, dari Imran bin Husein ra , Ia berkata, "Saya mendengar Rasulullah saw bersabda. " Semenjak diciptakannya Adam hingga datangnya hari kiamat tidak ada makhluk yang lebih besar (hebat) daripada Dajjal." (Shahih Muslim)

Kedua, dari Abu Bakar as-Shiddiq berkata: Telah berbicara kepada kami Rasulullah SAW, bersabda: "Dajjal akan keluar dari negeri di timur bernama Khurasan, diikuti oleh para kaum muka-muka mereka seperti perisai yang dilapisi bagian depannya dengan kulit."

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement