Kamis 19 Oct 2023 09:16 WIB

7 Rahasia Kandungan Membaca Asmaul Husna

Asmaul Husna mengandung makna yang indan untuk dihayati.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi orang berdzikir asmaul husna.
Foto:

6)Berdoa kepada Allah dengan Asmaul Husna jadi sebab hilangnya kesusahan dan kegalauan

Dari Ibnu Masud, Rasulullah bersabda: 

Tiada orang yang tertimpa kebimbangan dan kesedihan kemudian berdoa :

 اللهُمَّ إِني عَبْدُك، ابْنُ عَبْدِك، ابْنُ أَمَتِك، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِك، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ القُرْآنَ العَظِيمَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي، إِلَّا أَذْهَبَ اللهُ هَمَّهُ وَحَزَنَهُ وأَبْدَلَ مَكَانَه فَرَحًا

Ya Allah, Sesungguhnya aku adalah seorang anak hamba laki-laki-Mu, ubun-ubunku di tanganmu, hukummu berlaku padaku, keputusanmu sangat adil padaku. Saya memohon dengan seluruh nama yang Engkau miliki, yang Engkau menamakan diri-Mu dengannya, yang Engkau ajarkan kepada salah seorang dari makhluk-Mu, yang Engkau turunkan di dalam Kitab-Mu atauyang Engkau sembunyikan di ilmu ghaib di sisi-Mu. Jadikanlah Alquran sebagai musim semi hatiku dan cahaya di dadaku, serta menjadi penghilang kesedihan dan kebimbanganku, kecuali Allah akan menghilangkan kebimbangan dan kesedihannya dan menjadikan kesenangan sebagai gantinya.

Sahabat bertanya: Wahai Rasulullah, apakah kita tidak mempelajarinya?  Beliau bersabda: Benar, sepatutnya bagi orang yang mendengarnya agar mempelajarinya.

7)Asmaul Husna sumber semua ilmu

Allah SWT berfirman 

هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ ۖ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (Alquran surat Al Hadid ayat 3).  

 

 

Dan Rasulullah SAW bersabda, Ya Allah, Engkaulah yang awal, maka tidak ada sesuatu pun sebelum-Mu. Dan Engkau yang akhir maka tidak ada sesuatu pun setelah-Mu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement