Kamis 19 Oct 2023 09:16 WIB

7 Rahasia Kandungan Membaca Asmaul Husna

Asmaul Husna mengandung makna yang indan untuk dihayati.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi orang berdzikir asmaul husna.
Foto:

Maka sudah seharusnya bagi muslim mengetahui nama-nama Allah dan tafsirnya atau maknanya sehingga dapat mengagungkan Allah dengan haq.

4)Asmaul Husna jadi sebab terkabulnya doa

Allah SWT berfirman :

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا

Dan Allah memiliki Asmaul Husna, maka berdoalah kalian kepada Allah dengan Asmaul Husna. (Al Araf 180).

Berdoa kepada Allah dengan Asmaul Husna itu menjadi sebab  terkabulnya doa dan tercegahnya malapetaka. Maka Allah SWT mengasihi karena Allah adalah Ar Rahman (Yang Maha Pengasih) Ar Rahim (Yang Maha Penyayang). Dan Allah mengampuni karena Allah itu Al Ghafur (Maha Pengampun). 

Nabi Muhammad SAW biasa memohon kepada Allah dengan Asmaul Husna dan bertawasul kepadaNya dengan Asmaul Husna. Rasul berkata: 

أَسْأَلُك بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوْ أَنْزَلْتَه فِي كِتَابِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الغَيْبِ عِنْدَكَ - أَنْ تَجْعَلَ القُرآنَ رَبِيعَ قَلْبِي

Aku bermohon pada-Mu dengan semua nama-Mu yang Engkau namai sendiri diri-Mu dengan nama-nama itu, atau yang Engkau turunkan nama itu di dalam kitab suci-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada salah seorang ciptaan-Mu, atau yang Engkau khususkan nama itu (tersimpan) di dalam ilmu yang tidak terlihat; agar Engkau menjadikan Alquram penyubur hati.

5)Allah mencintai seorang hamba yang mencintai Asmaul Husna

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits nabi SAW. Dari Aisyah: Nabi SAW mengutus seorang laki-laki pada suatu peperangan dan dia menjadi imam sholar bagi yang lain dan selalu menutup bacaan suratnya dengan qulhuwallahu ahad. Ketika mereka kembali kepada Nabi, mereka menyebutkan hal itu kepada beliau. Nabi bersabda: tanyalah kepadanya mengapa dia membaca surat itu. Lalu sahabat bertanya kepadanya. Laki-laki itu menjawab: karena dalam (surat al-Ikhlas) terdapat sifat al-Rahman dan aku suka membacanya. Lalu nabi bersabda: sampaikan kepadanya, bahwa Allah Swt juga mencintainya.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement