Selasa 17 Oct 2023 23:00 WIB

Pertanyaannya Sederhana, Mengapa Allah SWT Memilih Palestina?

Palestina adalah tanah yang diberkahi Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Umat Islam melaksanakan sholat Jumat di luar Masjid Dome of Rock di kompleks Masjid Al-Aqsa.
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Umat Islam melaksanakan sholat Jumat di luar Masjid Dome of Rock di kompleks Masjid Al-Aqsa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mengapa Palestina menjadi tempat mulia dan suci bagi umat Islam dari zaman sebelum kedatangan Nabi Muhammad SAW hingga sekarang?

Jawaban atas pertanyaan ini disampaikan pendakwah asal Kuwait, Tariq Al Suwaidan. Dia menyampaikan, bicara Palestina maka tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Baitul Maqdis atau Masjid Al Aqsa di sana dan aspek historisnya. 

Baca Juga

Ada banyak ayat suci Alquran dan hadits yang menjelaskan soal Masjid Al Aqsa secara historis. 

"Tidak ada keraguan bahwa penghormatan ini sudah ada sejak zaman dahulu, karena di tempat inilah, banyak nabi dan rasul yang tumbuh dan wafat," kata Al Suwaidan. 

 

Baitul Maqdis ibarat tempat pendaratan banyak risalah dan wahyu. Di sanalah peristiwa terbesar dalam sejarah terdahulu terjadi, berdasarkan banyak nash dan petunjuk yang dengan jelas menunjukkan betapa suci dan berkahnya Baiqul Maqdis di zaman dahulu hingga saat ini. 

Dalam Alquran, terdapat referensi yang jelas tentang pentingnya dan keberkahan Baitul Maqdis di lebih dari satu surat dan ayat. Allah SWT berfirman: 

سبحان الذي أسرى بعبده ليلا من المسجد الحرام إلى المسجد الأقصى الذي باركنا حوله لنريه من آياتنا إنه هو السميع البصير 

"Mahasuci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Mahamendengar lagi Mahamengetahui." (QS Al Isra ayat 1). Allah SWT juga berfirman melalui lisan Nabi Musa AS kepada umatnya: 

 يا قوم ادخلوا الأرض المقدسة التي كتب الله لكم ولا ترتدوا على أدباركم فتنقلبوا خاسرين

"Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu lari ke belakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi" (QS Al Maidah ayat 21).

Baca juga: Daftar Produk-Produk Israel yang Diserukan untuk Diboikot, Cek Listnya Berikut Ini

Al-Ardh Al-Muqaddasah (Tanah Suci) yang dimaksud dalam ayat 21 surat Al Maidah itu merujuk pada Palestina dan Baitul Maqdis. Alquran menyebutnya Tanah Suci, yang meliputi pemuliaan, keberkahan, dan perhatian yang luar biasa. 

Surat Al Maidah ayat 21 berkisah tentang Nabi Musa AS yang memerintahkan kaumnya, untuk memasuki Tanah Suci karena berkah dan kebaikan yang ada di dalamnya untuk mereka. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement