Selasa 17 Oct 2023 21:18 WIB

Deretan Peristiwa yang Terjadi di Palestina Berabad-abad Lalu

Palestina adalah wilayah yang penuh dengan sejarah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Umar bin Khattab menuntun unta yang ditunggangi pemantunya saat masuk ke Yerusalem Palestina. (ilustrasi)
Foto: google.com
Umar bin Khattab menuntun unta yang ditunggangi pemantunya saat masuk ke Yerusalem Palestina. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Palestina adalah wilayah yang penuh dengan sejarah dan peristiwa penting. Beberapa peristiwa yang pernah terjadi di Palestina berabad-abad lalu di antaranya lahirnya para Nabi Allah, seperti Nabi Ibrahim dan keluarganya. 

Ini hanya beberapa peristiwa penting yang telah terjadi di Palestina. Sejarah dan konflik di wilayah ini sangat kompleks dan terus berkembang sampai sekarang. 

Baca Juga

Berikut beberapa peristiwa yang terjadi di Palestina berabad-abad lalu sebagai dilansir dari buku "Memori Palestina dan Romawi Timur" terbitan Cerdas Interaktif:

1. 2000 SM-1500 SM

 

Dalam periode ini, di Palestina Nabi Ibrahim memiliki anak dari istrinya, Hajar yang diberi nama Ismail yang kemudian dibawa ke Makkah. Sedangkan dari istrinya, Sarah memiliki anak bernama Ishak. Kemudian, Nabi Ishak memiliki anak bernama Nabi Yakub alias Isarel. Nabi Yakub beserta anak anaknya tinggal di Palestina. 

Peristiwa dibuangnya Nabi Yusuf ke sumur juga terjadi di Palestina lalu Yusuf dibawa ke Mesir dan dijual. 

2. 1200 SM-1100 SM

Pada periode ini, Nabi Musa memimpin bani Israil meninggalkan Mesir dan mengembara ke Padang Sinai. Saat diperintahkan masuk ke Palestina, bani Israil malah membantah dan berkata kepada Nabi Musa,

"Hai Musa, kami sekali-kali tidak akan memasukinya selama-lamanya, selagi ada orang-orang yang gagah perkasa di dalamnya, karena itu pergilah kamu bersama Rabbmu, dan berperanglah kamu berdua, sesungguhnya kami hanya duduk menanti saja di sini" (QS Al Maidah [5]: 24).

Allah pun mengutuk perbuatan mereka dengan membuat mereka hanya berputar-putar di sekitar Palestina. 

3. 1000 SM-922 SM

Pada periode ini, Nabi Daud mengalahkan Goliath dari Filistin (Palestina), sehingga Palestina direbut olehnya. Nabi Daud pun menjadi raja. Wilayah kerajaannya mulai dari tepi Sungai Nil hingga Efrat dan Irak

4. 922 SM-800 SM

Pada periode ini, Nabi Sulaiman meninggal dan terjadi perang saudara, kemudian kerjaan pun dibagi dua. Wilayah utara bernama Israel dengan ibu kota Samaria dan sebelah selatan bernama Yehuda dengan ibu kota Yerusalem. 

5. 800 SM-600 SM

Kerajaan Israel sudah sangat durhaka kepada Allah dan dihancurkan melalui serangan kerajaan Asyiria. 

6. 600 SM-500 SM

Pada periode ini, kerajaan Yehuda dihancurkan melalui serangan raja Nebukadnezar dari Babilonia. 

7. 500 SM-400 SM

Pada periode ini, Kerajaan Babilonia diruntuhkan oleh Cyrus Persia. Bani Israel kembali ke Yerusalem. 

8. 300 SM-322 SM

Pada masa ini, Israel diduduki Aleksander Agung dari Makedonia atau Yunani. 

9. 300 SM-190 SM

Pada periode ini, Romawi mengalahkan Yunani sehingga Palestina dikuasai Romawi.

10. 1-100 M

Pada periode ini, Nabi Isa lahir di Palestina dan membawa agama samawi. Nabi Isa pun memimpin pemberontakan terhadap Romawi.

11. 619 Masehi

Pada periode ini, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra dan Mi'raj. Malaikat Jibril menjemput nabi Muhammad di Masjidil Haram bersama buraq. Kemudian melakukan perjalanan ke Masjidil Aqsa di Yerusalem, Palestina, dan dilanjutkan ke langit tujuh dan Sidratul Muntaha. 

Kota Yerusalem pun dijadikan sebagai kota suci ketiga bagi umat Islam. Umat Islam yang sholat di Masjidil Aqsa akan mendapatkan pahala 500 kali lipat dibandingkan sholat di masjid lain. Sebelum arah kiblat pindah ke Ka'bah, Masjidil Aqsa menjadi arah kiblat umat Islam.

 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement