Senin 16 Oct 2023 15:55 WIB

Ucapan Pertama Nabi Isa yang Tampar Yahudi dan Terbunuhnya Dajjal di Palestina

Dajjal akan terbunuh oleh Nabi Isa di wilayah Palestina

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Kisah Nabi Isa. Dajjal akan terbunuh oleh Nabi Isa di wilayah Palestina
Foto: wikipedia
Ilustrasi Kisah Nabi Isa. Dajjal akan terbunuh oleh Nabi Isa di wilayah Palestina

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Nabi Isa alahissalam akan diturunkan kembali oleh Allah SWT menjelang hari kiamat. Banyak riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi Isa akan diturunkan di Palestina dan membunuh Dajjal.     

Dalam kitab Bidayah wa an-Nihayah, Imam Ibnu Katsir mengatakan bahwa Nabi Isa binti Maryam lahir di Batul Lahm atau Betlehem, Tepi Barat Palestina atau dekat dengan Baitul Maqdis Palestina. Tetapi saat kelahirannya, orang-orang Yahudi malah mengolok-olok dan memfitnah sayyidah Maryam lantaran telah melahirkan seorang bayi padahal tidak menikah. 

Baca Juga

Orang-orang Yahudi itu pun bertanya-tanya tentang siapa bayi itu. Tetapi Maryam tidak menjawab pertanyaan mereka. Terlebih Maryam sudah bernazar tidak berbicara dengan siapa pun.

Atas petunjuk Allah SWT, sayyidah Maryam menunjuk kepada putranya supaya berbicara menjelaskan. Tetapi orang-orang Yahudi itu masih bertanya-tanya, bagaimana mereka bisa bicara dengan bayi. 

فَاَشَارَتْ اِلَيْه قَالُوْا كَيْفَ نُكَلِّمُ مَنْ كَانَ فِى الْمَهْدِ صَبِيًّا

Artinya: Maka dia (Maryam) menunjuk kepada (anak)nya. Mereka berkata, “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?” (QS Maryam ayat 29). 

Atas karunia Allah SWT, Nabi Isa yang masih bayi dan dalam gendongan ibunya itu berbicara dan menjelaskan kepada orang-orang Yahudi itu bahwa ia adalah hamba Allah SWT. Dan bahwa Allah SWT akan memberikan kepadanya kitab Injil. Dan Allah SWT akan menjadikannya seorang nabi. 

قَالَ اِنِّيْ عَبْدُ اللّٰهِ ۗاٰتٰنِيَ الْكِتٰبَ وَجَعَلَنِيْ نَبِيًّا 

Artinya: “Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi.” (QS Maryam ayat 30).

Imam Ibnu Katsir berkata bahwa ini adalah kalimat yang pertama diucapkan Nabi Isa putra Sayyidah Maryam. Dan kata awal yang diucapkan Nabi Isa adalah Inni 'abdullah atau aku adalah hamba Allah. 

Ibnu Katsir menjelaskan bahwa dalam ayat tersebut Nabi Isa mengaku pada Tuhannya bahwa Allah SWT adalah Tuhannya. Maka dengan itu Nabi Isa menolak perkataan orang-orang zalim yang menyebut bahwa nabi Isa adalah anak Tuhan. 

Sebaliknya ayat tersebut dengan jelas bahwa nabi Isa adalah hamba Allah dan RasulNya serta anak dari seorang hamba perempuan yakni Sayyidah Maryam. Maka Nabi Isa membebaskan ibunya itu dari setiap tudingan orang-orang yang jahil.   

Dan kelak Palestina akan menjadi negeri tempat bertarungnya Nabi Isa dengan Dajjal hingga berhembusnya angin yang akan mewafatkan semua orang yang beriman. 

Kelak nabi Isa diturunkan Allah di timur Damaskus. Lalu nabi Isa menemukan Dajjal dan membunuhnya di pintu Ludd (Palestina). Sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan dari an-Nawwas bin Sam'an.

فَبَيْنَمَا هُوَ كَذَلِكَ إِذْ بَعَثَ اللَّهُ الْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ فَيَنْزِلُ عِنْدَ الْمَنَارَةِ الْبَيْضَاءِ شَرْقِىَّ دِمَشْقَ بَيْنَ مَهْرُودَتَيْنِ وَاضِعًا كَفَّيْهِ عَلَى أَجْنِحَةِ مَلَكَيْنِ إِذَا طَأْطَأَ رَأَسَهُ قَطَرَ وَإِذَا رَفَعَهُ تَحَدَّرَ مِنْهُ جُمَانٌ كَاللُّؤْلُؤِ فَلاَ يَحِلُّ لِكَافِرٍ يَجِدُ رِيحَ نَفَسِهِ إِلاَّ مَاتَ وَنَفَسُهُ يَنْتَهِى حَيْثُ يَنْتَهِى طَرْفُهُ فَيَطْلُبُهُ حَتَّى يُدْرِكَهُ بِبَابِ لُدٍّ فَيَقْتُلُهُ ثُمَّ يَأْتِى عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ قَوْمٌ قَدْ عَصَمَهُمُ اللَّهُ مِنْهُ فَيَمْسَحُ عَنْ وُجُوهِهِمْ وَيُحَدِّثُهُمْ بِدَرَجَاتِهِمْ فِى الْجَنَّةِ

Baca juga:Doa Lengkap Ini untuk Mohon Ampunan dari Segala Jenis Dosa

“Saat Dajjal seperti itu, tiba-tiba Isa putra Maryam turun di sebelah timur Damaskus di menara putih dengan mengenakan dua baju (yang dicelup wars dan za’faran) seraya meletakkan kedua tangannya di atas sayap dua malaikat, bila ia menundukkan kepala, air pun menetes. Ketika ia mengangkat kepala, air pun bercucuran seperti mutiara. Tidaklah orang kafir mencium bau dirinya melainkan ia akan mati. Sungguh bau napasnya sejauh mata memandang. Isa mencari Dajjal hingga menemuinya di Pintu Ludd lalu membunuhnya. Setelah itu Isa ibn Maryam mendatangi suatu kaum yang dijaga oleh Allah dari Dajjal. Ia mengusap wajah-wajah mereka dan menceritakan tingkatan-tingkatan mereka di surga.” (HR Muslim no 2937).

Sementara itu Dajjal akan muncul... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement